1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

What Gears Should I Have (road bike)

Discussion in 'Leo's Cycling Stories' started by red_cyclist, May 29, 2014.

  1. red_cyclist

    red_cyclist Rider Sruntulan

    Lagi dapet ide buat nulis abis ngubek-ngubek index thread: groupset road bike aja... Lagi-lagi, based on experience yah.

    50x34, 52x36, 53x39
    11-25, 11-27, 12-28, 12-30
    dll

    Ada basic knowledge, crankset 50x34 itu buat nanjak, 53x39 itu buat flat riding. And so are 11-25 and 12-30 sprockets. Tapi di balik itu, sebenernya ada beberapa hal yang perlu diperhatiin.

    1. Cadence
    Walopun 'magic number' untuk cadence main road bike itu biasanya 90-100 rpm di flat, atw 70-80 rpm di tanjakan, angka itu saya rasa ga sepenuhnya relevan, karena tiap rider punya daerah cadence optimum masing-masing, begitu juga dengan rentang daerah cadence optimumnya. Well, maksudnya candence optimum itu gimana sih? Nah, menurut saya ada batas di mana kalo cadence kita di bawah angka tertentu, otot kaki kita tidak akan bisa memberikan power optimum dan cepet worn-out atw pegel. Sementara di atas angka tertentu, otot kaki berasa bekerja lebih ringan, tapi heart-rate bekerja keras karena pergerakan otot kaki yang lebih cepat. That way, setiap orang yang tentu punya cara melatih otot dan aerobic capacity berbeda-beda, pasti punya cadence optimum yang beda-beda.

    Saya ambil contoh dari saya sendiri; 75-90 rpm di flat, dan 70-75 rpm di tanjakan. Di flat, saya bisa maintain power di rentang cadence yang lumayan lebar, no problem. Tapi di tanjakan, saya prefer banget sama sprocket yang relatif rapet/close ratio buat tanjakan (12-27, 12-25) karena selisih antar gear yang kecil, jadi setiap pindah gigi ga akan terlalu nge-drop cadence. Selain itu, karena saya cenderung main di cadence rendah, pemilihan gear berat tidak terlalu jadi masalah buat saya, jadi crankset 53x39 bisa jadi pilihan baik untuk tanjakan, maupun flat terrain.

    On the other hand, orang yang tipe main cadencenya spinning, dia pake crankset 50x34 juga ga ada masalah, walopun buat main di flat. Secara teori, crankset compact itu masih bisa dapet >50 kph.

    2. Where do you ride, how intense do you ride there?
    Kalo dari hari Senin sampai Minggu ketemunya jalanan datar, ga ketemu tanjakan panjang/curam, opini umum 53x39 dan 11-25 memang sudah layak dan sepantasnya digunakan.
    Kalo dari hari Senin sampai Minggu keluar rumah langsung ketemu tanjakan yang lumayan jauh, atw tinggal di daerah berbukit curam, bolehlah, pake 50x34 dan 12-30 biar ga cepet kehabisan tenaga.

    Tapi buat yang dari hari Senin sampai Minggu ketemu semuanya; riding di flat, ketemu tanjakan panjang, melewati perbukitan, dsb? Nah ini harus di-break down lagi. Lebih sering main di terrain yang mana? Lebih mau keluarin power di terrain yang mana? Lebih seneng riding di terrain yang mana? Dan kembali lagi ke poin nomer 1; cadence yang diincer di kisaran berapa? Pilihannya pasang setelan gearing yang bisa compromise di semuanya (misalnya 50x34 dan 11-25) walopun pasti ada trade-offnya, atw ganti-ganti sprocket/crankset tiap kali mau riding?
    *kalo saya sih ganti-ganti sprocket tiap mau riding, tergantung medannya apa :oops:

    Untuk rute rolling begini, atw simply untuk yang mau kenceng di flat sekaligus ringan di tanjakan, sekarang crankset opsi 52x36 kayanya udah mulai banyak pilihan di pasar, walopun kebanyakan masih yang berharga relatif mahal....

    3. Gengsi
    Yang ini ga tau bener atw ngga ya, tapi mungkin di mata beberapa orang kalo pake crankset 53x39 itu keliatan lebih prestige atw lebih powerful aja...

    Well, don't do that, kalo mau keliatan pengen kuat aja. Rider World Tour aja masih ada yang pake compact crankset kok.

    bruseghin_crank_600.jpg

    The thing is, (di tanjakan) gearing berat tidak menjamin bakal lebih kenceng, karena semua bakal balik lagi ke power masing-masing. Kalo nanjak pake chainring 39t sprocket 25t tapi nahan candence 65 rpm aja mati-matian, ya ujung-ujungnya kakinya bakal lebih cepet capek dibanding kalo dikasi gearing yang lebih ringan. Bisa-bisa ga beres itu tanjakan, keburu capek.

    Gengsi yang bener itu nanjak lebih ngebut, bukan keliatannya nanjak lebih ngebut...padahal enggak.

    4. The cheat way
    Well, sebenernya maksudnya bukan curang sih, cuma kalo emang mau main aman, bener-bener all-round, safest bet; crankset 50x34 dan sprocket 11-25.
    Kenapa? Kombinasi 50x11 itu hampir sama kaya 53x12. Dan kombinasi 34x25 itu hampir sama kaya 39x28. Enak kan? Kalo mau pake sprocket yang lebih besar lagi, say 11-28, makin capable buat di tanjakan deh, dan di flat masih bisa sprint paling ngga sampe 60-an kph...
    Beberapa kali baca di internet, gearing ini sering direkomendasiin buat yang baru main road bike, atw bahkan buat yang emang ngejar performa di semua area.

    Conclusion?
    Well, intinya kalo saya ditanya "mending gw beli crankset compact atw standard?", saya bakal balik tanya ke dia tentang beberapa poin di atas. Pilihannya biar dia sendiri yang nentuin karena toh dia yang lebih tau kemampuannya dan bakal ngerasain sendiri. Ga selamanya crankset compact itu cuma buat nanjak, dan ga selamanya crankset standard itu cuma buat flat terrain.
    Kemungkinan, rekomendasi yang paling baik itu yang disebut di poin nomer 4, terutama buat yang belum lama main road bike dan masih agak 'buta' soal gearing.

    That's it, hopefully this post will be useful. Corrections and opinions are welcomed.

    *Note for moderators; kalo post ini lebih cocok ditampilih di dalem thread groupset road, silahkan dipindah.
     
  2. dxtr

    dxtr Peternak Sepeda

    nice tips
     
  3. Panji Pascarinupa

    Panji Pascarinupa Cyclist Millenium

    Saya pemula di road pake crank 52-39 dan sprocket 12-25 9 speed, kalo di daerah saya seringnya sih maen tanjakan karena jalan yg bener2 flat gak bakal panjang2 amat dan cuma sedikit pilihannya, saya sendiri di tanjakan comfort aja sih pake gir tersebut dan masih kuat lah tahan RPM antara 65-80 rpm di tanjakan curam walau speed gak begitu cepat. :confused: BTW, nice tips om :D

    Oiya nambahin dikit, untuk para sesama penyandang bajet mepet, dari pada ngabisin uang hanya untuk ganti crank atau sprocket, mending dilatih powernya aja, bisa latian squat jump, dll lah. Setelah itu latih VO2 max, kalo power ama VO2 max dah mantep kayaknya crank 52-39 pake sprocket 12-25 di tanjakan tetep bisa ngebut kok :cool:.
     
    blowindian, andytio, reza105 and 4 others like this.
  4. andytio

    andytio Fat Cyclist

    cakep pinarelo nya oom....
     
  5. dasarbule

    dasarbule Wes Tuek

    38/50- 11/27 road
    36/48- 11/28 cx
    48-18 fixed
     
  6. ppephe

    ppephe Bali 2014 Organiser

    38-50 rare crankset

    Sent from my SM-N900 using Tapatalk
     
  7. dasarbule

    dasarbule Wes Tuek

    1. beli crank 39/53
    2. beli rings 38/50 x 130 bcd
    3. buang jual rings 39/53
    done
     
  8. Ardi

    Ardi Well-Known Member

    34-50- 11/12-28
    Tapi jujur sih... 34 agak nanggung di flat.... Sering galau ganti ke 50 atau tetap di 34
     
  9. dasarbule

    dasarbule Wes Tuek

    andytio and red_cyclist like this.
  10. andytio

    andytio Fat Cyclist

    50-34. jual 50, beli 53T 110 bcd...

    dapet dua2nya deh..... 11-27 dah cukup2 mustinya
     
    red_cyclist likes this.
  11. dasarbule

    dasarbule Wes Tuek

    Kalau 34/53 dgn 11-27 kadang perlu pakai RD med/long cage. Kalau 36/53 masuk akal. Namanya "Compact Dolomiti", lebih sering dipakai di Europa.
     
    red_cyclist and andytio like this.
  12. dasarbule

    dasarbule Wes Tuek

    ...kalau ada crank sora compact tanpa chainrings, lebih baik dijual ke saya :) ...
     
  13. setzz

    setzz Well-Known Member

    klo gw 39-53; 12-27
    yah.. dl barang yg ada dan yang terjangkau segitu sih.. :D


    Sent from my GT-N7105 using Tapatalk
     
    andytio and red_cyclist like this.
  14. galihleo

    galihleo Well-Known Member

    Saya pikir beli crank 39/53, trus potek satu mata di chainring 39nya :confused::oops::chainsaw:
     
  15. bleui

    bleui Well-Known Member

    yup saya juga ganti 34t dengan 38t, mantab ganti gear ga terlalu nge-drop, btw di SRAM service center BSD ada tuh chainring terpisah, ga nyampe 200 kok harga nya
    btw om db ada pengalaman dengan SRAM ga? klo short cage RD nya kompatibel dengan 30t ga ya?
     
  16. dasarbule

    dasarbule Wes Tuek

    Saya blum pernah pakai SRAM. Om @bleui punya nomor telf service center? Thanks, db
     
  17. bleui

    bleui Well-Known Member

    SRAM Service Centre
    Jl. Letjen Sutopo (Depan Pasar Modern)
    Ruko Golden Madrid I Blok E.16 BSD Serpong, Tangerang
    Telp. 021-5387007 Fax. 021-5387008
    email: sramindonesia_bsd@yahoo.co.id
     
  18. dasarbule

    dasarbule Wes Tuek

    I Love You...
     
  19. ppephe

    ppephe Bali 2014 Organiser

    Saya pake rival Short cage sprocket 12-30, compact crank di sepeda cx.
    Hasilnya.. Maksa! Kombinasi 50-30 impossible, posisi 34-30 upper pulley hampir nyentuh cog dan ketika ada jalan rusak Rd goyang dan akhirnya sering gesekan sama cog. B adjuster udah mentok

    Rival short itu max 28t

    Sent from my SM-N900 using Tapatalk
     
    bleui likes this.
  20. bleukatana2004

    bleukatana2004 Bali 2014 Organiser

    Crank compact mestinya lebih ringan dari crank standar ?
    Sprocket 12-25 juga lebih ringan dari sprocket 12-30
    Mungkin pilihan bagus ya 50/34 - 12-25
    Sayang saya baru beli sprocket baru 12-30 :(
     

Share This Page