1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

Setting groupset untuk nanjak

Discussion in 'Road, Time Trial, dan Cyclocross' started by Kurnia Ramadhan, Jan 3, 2017.

  1. Dear om tante yg baik hatinya...

    Saya rencananya mao ikutan Tour 100km Bromo 2017.

    Sekarang udah mulai latihan strength, cuma tetep sy takut nanjak, berat badan gempal 83 kg dan settingan Groupset saat ini Shimano 105, 53 39 t untuk crank dan 11 32 t untuk sprocket 11 speed.

    Apakah dengan postur sy perlu ganti crank ke yg lebih kecil misal 50 34, atau ganti sprocket yg lebih gede?

    Biar saya bisa nanjak bromo dengan sedikit lebih pede hehehe

    Terima kasih
    Kurnia Ramadhan



    Sent from my Redmi 3 using Tapatalk
     
  2. dasarbule

    dasarbule Wes Tuek

    Saya sarankan untuk om cari peta profil rute Bromo100 dan carikan max % gradient dan jarak total % gradient di atas 8%.
    Habis itu cari rute di sekitar lokasi anda yang ada tantangan kira2 sama.
    Coba dengan crank yang sekarang.
    Kalau masih tidak bisa diatasi tanpa risiko jantung melepas dari kandangnya mari dicari chainring 50/34 (pakai crank 105-5800 yang 4 arm, kan?).
    Setiap orang punya kemampuan fisik dan conditioning beda satu sama yang lain, jadi agak susah bilang kalau kombinasi gir sekarang cukup enteng nggak. Harus hitung kemampuan diri sendiri.

    Good Luck!
    db
     
  3. hansadhitya

    hansadhitya Well-Known Member

    Selain saran om bule, bisa juga dicoba menghitung menggunakan kalkulator di rumah buat bayangan untuk menentukan kombinasi gir bagaimana yang cocok:

    http://bikecalculator.com/
    http://www.sheldonbrown.com/gear-calc.html

    Caranya pertama adalah tentukan speed maksimum yang bisa ditahan kira-kira selama satu jam di jalan datar, terus masukkan ke kalkulator (link pertama) buat tau perkiraan FTP (functional threshold power) nya dalam Watt. FTP ini merefleksikan usaha aerobik maksimum yang bisa ditahan/dilakukan tubuh selama satu jam. Kalo udah punya power meter maka bisa diskip langkah ini karena pasti sudah tau hehehe.

    Berikutnya adalah masukkan average gradient di Bromo dengan berat total (sepeda+rider) pada kalkulator yang sama. Set speed maksimal yang dikehendaki untuk mendapatkan FTP yang sama dengan atau lebih kecil dari cara yang telah didapat sebelumnya.

    Jika sudah tau speed yang dikehendaki, masukkan speed tsb beserta cadence yang diinginkan (misal 80rpm) pada Gear Calculator-nya Sheldon Brown. Set kombinasi gear yang mungkin dan pilih yang cocok. Jangan lupa sediakan combo gear paling kecil buat jaga-jaga untuk menghindari TTB pada gradient ekstrim, atau mungkin jika ekstrim mending TTB saja - ini juga pilihan.

    Semoga membantu!
     
  4. tato

    tato Well-Known Member

    Saya melihat kata2 "takut nanjak" dan "lebih pede". Karena itu saya sarankan ganti atau pinjam crank 50-34.

    Selain itu, manfaatkan sisa waktu sebelum event melatih endurance. Endurance jauh lebih penting daripada power untuk event macam ini. Menurut saya begitu...
     
  5. Becakarema

    Becakarema Well-Known Member

    crank 50-34 om cukup dan benar kalo sprocket lebih dari 32 kan gak standar, perlu modifikasi, kadang masalah, betul banget om tato untuk bromo perlu endurance dan sabar gak kepancing narik, apalagi 60km awal flat pake patwal cenderung keenakan
     
    Kurnia Ramadhan and tato like this.
  6. Terima kasih om atas saran2nya. Track latihan di kota saya banyakan datar om jadi susah kalo mau latihan climbing. Jadi latihannya strength yg bisa sy lakukan.

    50 34 yg kemungkinan sy lakukan, soalnya ada saran juga dari abang sy 53 39 terlalu berat walaupun sprocket udah 32

    Ada niatan pengen pake sprocket xt 11 speed 11-40t dengan tambahan perangkat produk dari roadlink semacam spacer di rd nya. Ada yg pernah nyoba gak om? Sy lihat di youtube banyak yg aplikasi kan. Cuma takut trouble di tengah jalan, jadi ngeri juga.



    Sent from my C6903 using Tapatalk
     
  7. saiberian

    saiberian Active Member

    Kalau dari websitenya wolftooth kalau mau pakai yg 11-40t, chainring depan gak boleh lebih dari 10 teeth bedanya. Kalau 53-39 yang disarankan 11-36t.
    Temen saya ada yg pakai ultegra 6800 dgn cassette 11-40t om, modif di rudy bike bintaro, dan sudah lulus uji bromo. Entah apa yg di modif sama bengkelnya, saya kurang tahu.
    Oya saya juga sudah daftar bromo, debut juga, sampai ketemu disana ya om :)


    Sent from my iPhone using Tapatalk
     
    Kurnia Ramadhan likes this.
  8. emirr

    emirr Contributing Member

    50-34 dan 11-32 sih saya rasa udh cukup lah dan paling mudah diaplikasikan.tinggal ganti crank,setting fd beres.
     
    tato, Kurnia Ramadhan and saiberian like this.
  9. hansadhitya

    hansadhitya Well-Known Member

    Sebenernya untuk persiapan nanjak gak harus nanjak om. Memang sekilas agak aneh tapi begini dasar pemikirannya:

    Untuk nanjak panjang, katakanlah lebih lama dari 30 menit, di gradien mulai dari 4% kan biasanya sudah membutuhkan usaha maksimum. Nah usaha ini adalah usaha aerobik. Untuk melatih kapasitas aerobik bisa dilakukan di jalan datar salah satunya dengan interval training. Kalo kapasitas aerobiknya sudah besar, niscaya manjat walaupun jarang akan lebih mudah untuk dilakukan!
     
    tato, Kurnia Ramadhan and saiberian like this.
  10. yosua

    yosua Active Member

    Pemikiran yg sama. Ganti crank compact, rd Slx / Xt 11sp +11-42t sprocket. Entah apakah compatible antara brifter 105-5800 dengan Rd SLX / XT. Selain itu juga harus latihan.
     
    Kurnia Ramadhan likes this.
  11. ankywibowo

    ankywibowo Member

    Saya pake roadlink om, briefter 105-5700, crank tiagra 50-34t dan cassete deore 12-40.... selama pake sih aman-aman saja, sudah lulus tanjakan ijen juga.... tpi tetep perlu setting fd dan perlu latihan juga....

    Sent from my SM-J700F using Tapatalk
     
    Kurnia Ramadhan and saiberian like this.
  12. sepertinya saya upgrade sprocket aja ke 11 - 40 punya XT + RoadLink, karena banyak nanjak berarti lebih sering pake Crank 39 aja, yang di setting gak banyak kan om? soalnya kalo ganti Crank, akan keluar duit lebih banyak dan saya udah punya crank 53 - 39 2 buah nganggur jadi sementara stop dulu beli crank, yang satu yang Oval Rotor dan yang 1 lagi 105. Budget maksimal untuk upgradenya di kisaran 1 jt lebih dikit, biar masih ada pegangan buat jajan hehehe, belom lagi buat beli ticket pesawat pnk - sby dan bea daftar Tour Bromonya.

    berat badan saya 83 kg + 8 kg berat sepeda, berarti ada 90 kg lebih yang harus ditanggung buat nanjak, dan ini saya lakukan biar lebih pede aja om, kalo turunan sih saya gak takut hehehe makin berat badan makin kenceng turunannya, nah kalo nanjak makin berat makin gak bisa bernafas sayanya hehehe

    BTW thx alot ya om-om di forum ini udah ngasih advice yang luar biasa bagusnya buat saya hehehe
     
  13. yosua

    yosua Active Member

    Pake oval chainring katanya lebih enak kl buat nanjak. CMIIW
     
    Kurnia Ramadhan likes this.
  14. apras

    apras New Member

    Saya bikin settingan buat nanjak pake compact crank 50-34 + sprocket 11-36, enak banget gak ada tanjakan yang susah jadinya.
     
  15. Becakarema

    Becakarema Well-Known Member

    justru kadang kita ini suka "cari susah" hahaha
     
  16. Bourbon2008

    Bourbon2008 Active Member

    Masalahnya Kalau kita sudah set gigi enteng di tanjakan... Kitanya jadi makin susah cari tanjakan yg berat di sekitar kita.. repot juga..

    Sent from my Redmi Note 4 using Tapatalk
     
    Kurnia Ramadhan likes this.
  17. Becakarema

    Becakarema Well-Known Member

    road link gimana ya, 39-40 di gigi yg lain bisa ya, rante nya gak panjang bgt
     
  18. Di 39-40 kayaknya bisa, cuma 53-40 sepertinya gak bisa

    Sent from my C6903 using Tapatalk
     
  19. Hahahaha bener juga, cuma masalah nya, tahun lalu yg road captain aja banyak yg jatoh bego pas nanjak bromo padahal atlet, apalagi sy yg gendut dan bukan atlet.

    Sent from my C6903 using Tapatalk
     
  20. zakfar

    zakfar New Member

    punya saya shimano 105 crank 53-39 cassette 11-28, rencana saya upgrade cassette pakai deore 11-36t pakai long rd. bisa gak ya, ada yang sudah pengalaman.
     

Share This Page