1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.
  1. bleukatana2004

    bleukatana2004 Bali 2014 Organiser

    Sepeda saya Helios 100, rem bawaan Tektro
    Kalau turunan curam dan agak panjang, terasa sakit tangan krn kerasnya tuas rem

    Kalau ganti rem yg lebih bagus, apakah ditangan akan lebih nyaman / tdk sakit

    Nuhun
     
  2. mt

    mt Pensiun Dulu

    Efek sih, tapi kalo masalah tuas rem keras, lebih efek ganti brifter yang bagusan.

    Paling bagus sih kalo turunan mulai belajar ngerem dari posisi drops. Saya pake GS105 juga cape kalo ngerem dari hood terus.



    Sent from my Lenovo S880 using Tapatalk 2
     
    sgunawan, sendy022 and Mancastillo like this.
  3. bleukatana2004

    bleukatana2004 Bali 2014 Organiser

  4. andytio

    andytio Fat Cyclist

    klo biasa saya masih main rem di hood, kalau udah ke drop biasanya lebih cepet turunnya,.... kalau tangan di drop, narik rem berasa lebih ringan soalnya narik tuas di paling ujung, sedangkan klo tangan di hood, lebih capek, pertama harus menopang berat badan dan mengerem...
     
    bleukatana2004 likes this.
  5. 0600661160

    0600661160 Active Member

    tapi bukannya lebih aman gitu ya? Tangan di hood
     
  6. andytio

    andytio Fat Cyclist

    ga juga. sama aja bro. yang penting bisa handle sepeda dan bisa bisa berenti hehehe
     
  7. reggie

    reggie Active Member

    ooh trnyta di hood emg agak lbh cpet cape tgn krna nahan bobot jga y? plg enak gk ush ngerem sering2 :giggle:
     
  8. FunRunner

    FunRunner Rider Srampangan

    hmmm, kalo saya takutnya sih pas di hood itu tangan ngga secure kalo tiba2 ada bump. kan area yang dipegang lebih kecil.

    buat saya juga ngerem itu paling enak kontrolnya pake telunjuk, jadi mendingan di drop
     
    bleukatana2004 likes this.
  9. bleukatana2004

    bleukatana2004 Bali 2014 Organiser

    Saya msh takut turun dgn posisi tangan di drop, takut kalau ada lobang lebih sulit mengendalikan sepeda dan melihat sekitar juga sulit . Mohon masukan para suhu, apakah sikap saya ini salah
     
  10. andytio

    andytio Fat Cyclist

    ga salah bro... turunan memang butuh nyali lebih besar. soalnya ga di gowes aja bisa masuk 70, apalagi klo jalanan turunannya panjang dan ga berbelok2... 90 bisa masuk juga tapi yah balik2 ke nyali dan akal sehat. goweser jago tanjakan ( naik ) lom tentu jago turunan. kalau boleh saran sih, kalau jalanan penuh dengan mobil, pelan2 aja turunan 50 aja max.

    buat saya sih :
    1. jangan pernah nyalip kendaraan dari sisi dalam. karena kita setir kiri, jangan pernah lewatin kendaraan dari kiri jalan. kalau ada mobil dari arah berlawanan, secara reflex kendaraan yang kita akan lewati PASTI ke kiri. begitu udah ga ada ruang buat kita jalan, ya abis dah...
    2. rem depan buat menghentikan laju sepeda. rem belakang buat traksi biar ban belakang ga ngesot
    3. jangan pernah rem abis, pasti ngesot ban belakang. kalau udah panik, semua ngunci
    4. kalau pas lagi ujan, kurangi aja angin di ban depan dan belakang
    5. kalau belokan ke kiri, kaki kiri di atas pedal. kalau belokan ke kanan kaki kanan di atas pedal. Ga tau ini beneran terjadinya seperti itu apa bukan. Wouter Weylandt, meninggal pas lari 90 kpj di Giro d'Italia. klo ga salah pernah baca, kaki dia yang kiri kena sedikit aja bagian dari tebing di kiri jalan.
    6. kalau mau tangan di drop, usahain bagian bokong ada di belakang sadel / mundur sedikit. tujuannya biar ada traksi di ban belakang, dan nggak nyungsep ke depan.
    7. jari selalu ada di tuas rem ( baik di drop atau di hood ).

    tapi biasanya turunan yang saya lewatin klo dah siang sedikit, pasti rame, jadi rada males klo kenceng2. tomohon turun ke manado skitar 21 km. klo di drop skitar 15 menit, klo di hood skitar 20 menit. Bukan atlit... jadi nyantai aja :D


    url.jpg

    aurl.jpg


     
  11. bleukatana2004

    bleukatana2004 Bali 2014 Organiser

    Trims om, enak dibaca dan perlu
     
  12. 0600661160

    0600661160 Active Member

    Prinsipnya sama kaya MTB.. Kita setirnya di sebelah kanan kali oom.. Jalannya sebelah kiri..
    nanti ada yang bingung..
    Yang pas belokan itu bener banget koq. kalo belok kiri kaki kiri diatas, kalo belok kanan kaki kanan yang diatas.. Itu kan proses leaning kaya di fisika nanti ada gaya apa lha itu..
    Trus kalo drop itu sedikit kebelakang itu biar titik beratnya pindah ke belakang. Apa lagi turunan gitu kita butuh berat kan emang aga di belakang.
     
    bleukatana2004 likes this.
  13. Mancastillo

    Mancastillo Wheel Sucker

    Mantap om Andytio... clear banget penjelasannya.

    kalau soal takut kalau tangan di drop, itu cuma masalah jam terbang aja sih. kalau udah berpengalaman dan udah bisa handling sepeda dengan baik, lama2 juga bisa tangan di drop. awalnya saya juga ga berani tangan di drop, tapi setelah baca2 dan liat video di youtube, rata2 menyarankan tangan di drop untuk memudahkan handling terutama saat cornering. coba search youtube aja tentang teknik descending.

    kenapa justru malah handling lebih mudah di drop? ini ada hubungannya sama CG (saya lupa central gravity atau central geometry..hehe). intinya kalau tangan di drop, CG kita jadi lebih rendah jadi lebih stabil. tau boneka yang kalau di dorong selalu berdiri lagi kan? mau di dorong atau dipaksa berbaring tetap berdiri lagi. itu karena CG nya dia ada di bawah banget. hukum fisika begitu, makin rendah CG, bakal makin stabil dia. bener kata om andytio & om 06, posisi pantat harus lebih mundur biar CGnya ga terlalu ke depan. ini kan keadaannya turunan, pasti posisi badan dan sepeda secara keseluruhan bakal miring ke depan, jadi kita harus bikin CG kita agak kebelakang.

    tapi sebenernya ga ada yang salah mau posisi tangan di hood atau di drop. cuma masalah kebiasaan aja. kalau memang belum berani cobain pelan2 aja. lama2 bisa jadi kebiasaan.
     
    bleukatana2004 likes this.
  14. andytio

    andytio Fat Cyclist

    betul bro....

    semua bisa karena biasa. terus ada juga biar jadi jago sama turunan.
    1. latihan push up, menyokong berat badan atas
    2. sit up, biar otot perut jadi kuat, sehingga pas posisi di drop, berat badan ga musti di tumpu tangan, tapi di badan
    3. kenali 100% jalanan yang mau di turunin, terutama kalau banyak lobang.... pernah lari turun 55kpj, lupa di depan ada lobang.... jeger... untung bisa lewat, abis itu kaget abis.... jadi sloooooww hahaha
    4. klo pas tangan di hood, usahakan jangan terkunci tangannya... soalnya semua getaran langsung ke badan... tekuk sedikit.
     
  15. bleukatana2004

    bleukatana2004 Bali 2014 Organiser

    Oh iya, kl tangan di drop selain tdk pede, juga ada rasa tidak nyaman pd pergelangan tangan
    Mungkin krn bike fit yg kurang tepat ? Atau . . PushUp dan sitUp belum dikerjakan hehe he
    Tapi saya itu emang plg males . . Sama turunan, soalnya setelah pulang pasti sakit tangan kl turunannnya banyak dan curam
    Thanks mudah2an bisa berubah menukmati turunan kayak orang lain
     
  16. andytio

    andytio Fat Cyclist

    kayaknya bike fit ga ada hubungan sama sakit di tangan. kalau mau lebih "PD" coba turunin aja seatpost nya, dengan begitu, ga terlalu nunduk, bisa lebih dongak sedikit lihat jalanannya.

    pernah ada yang bilang, kalau main tanjakan dan turunan, biasanya seatpost di turunin sedikit. pas nanjak,biar dapet power, pas turunan biar handling lebih mantep. tapi spd saya Integrated seatpost. ga bisa naik turun lagi. seada nya aja. bisa aja tuh naik turun sesuai kemampuan.

    sama coba jawab pertanyaan pertama di atas. soal rem ...

    kampas rem yang saya pernah coba, 105, ulte dan DA. bedanya di kerasnya pas ngerem., 105 paling keras, ulte dan DA empuk. berasa sekali nyaman pas ngerem. tapi kalau main turunan, jgn pernah sampai ngunci klo ngerem...kalau bisa
    1. rem depan belakang gantian....
    2. klo boleh jangan pakai rim full carbon dan di rem abis2an. panas dari hasil pengereman itu bisa bikin rim meleyot, kalau di rim carbon clincher, meleyot ke luar, yang terjadi adalah, WS ngunci... akibatnya jatuh.

    images.jpg

    3. semakin berat rider, butuh waktu makin panjang buat bisa berhenti total.
     
    billy christian and Mancastillo like this.
  17. bleukatana2004

    bleukatana2004 Bali 2014 Organiser

    Kemarin udah ganti kampas DA. Seat post baru saja saya tinggikan, utk mengejar efisiensi pedal, tapi emang ketinggian
    Thank Om, mungkin itu yg harus di coba dulu utk menurunlan seatpost

    Ada juga yg menyarankan utk menurunkan tinggi handlebar, katanya agar handling sepeda lebih baik.sehingga lebig pede melewati turunanm Saya msh ragu2 takut tangan makin sakit krn posisi badan makin nunduk
     
  18. 0600661160

    0600661160 Active Member

    wah.. bros mesti belajar menikmati turunan lho..
    apalagi kalo turunannya panjang tu asikkk gila..
     
  19. andytio

    andytio Fat Cyclist

    handle bar jangan di turunkan kalau belum biasa. tapi tinggi rendah settingan sepeda, kembali ke diri masing2. kalau memang sudah terbiasa, ga apa. menurut saya sih, tinggi rendahnya posisi HB ga membuat handling lebih bagus. cuma lebih ke arah kenyamanan aja.

    hati2 banget dengan turunan, buat saya turunan itu asik, cuma seberapa kita mampu handling, itu yang jauh lebih penting. masalahnya kalau di flat, kita ga punya kemampuan lari sampe 70 kpj biar gimana ga bisa sampe 70 kpj. tapi, biar pemula kalau turunan panjang tanpa di rem, bisa aja masuk 70 kpj. yang paling bener adalah, jalanan turunan di bukit itu di tutup buat kita pake sendiri wkwkwkwkwkwkw di tambah voorijder depan belakang.

    hati hati turunan.... full konsentrasi. jalan ber pasir dikit, bablas loh... kalo tanjakan sih, merem dah, apalagi klo terjal.. hahaha, soalnya cuma bisa 5 kpj....


    tambahan.
    rider A dan B naik sepeda sama2 turun bukit/gunung. A 75kg, B 65 kg. sepeda spek sama semua. kalau turunan lurus, rider A lebih laju karena lebih berat.
    rider A dan B naik sepeda sama2 turun bukit/gunung. sepeda A 8 kg, sepeda B 15 kg. berat badan A dan B sama misal 65 kg. sepeda B lebih laju, karena beratnya sepeda.

    jadi, buat sya klo ada sepeda 4 kilo buat turun gunung, mendingan saya tuker sepeda... ga PD boooooo.... masih mending naik sepeda Jengki.... Weight is not everything
     
    multastoy and bleukatana2004 like this.
  20. bleukatana2004

    bleukatana2004 Bali 2014 Organiser

    Trims , mengingatkan soal PASIR dijalan
     

Share This Page