1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

PANNIERS VS BACKPACK VS MESSENGERBAG

Discussion in 'Commuting dan Bike2Work' started by Werefrog, Jan 8, 2015.

?

Pilih yang mana?

  1. Backpack

    45.3%
  2. Pannier

    32.1%
  3. Messengerbag

    32.1%
Multiple votes are allowed.
  1. allhill

    allhill New Member

    bike2work saya pakai backpack, buat laptop dan pakaian...
    kadang terasa berat di punggung :)
     
  2. CoMePunk

    CoMePunk Blogger Cycling Indonesia

    Gue udah pakai semuanya, dari Messenger Bag, Pannier, sampai Backpack.

    Mesenger bag:
    Gue pakai tahun 2012-2013 waktu masih pada nge-hits pake messenger bag ala2 kurir sepeda.
    + Stylish. Kelihatan keren.
    + Bisa akses cepat ke barang2 tanpa harus lepas tas.
    + Cocok kalau bawa beban sedikit dan ringan
    - Ngga cocok kalau bawa beban berat, weight distribution ngga imbang, pundak jadi berat sebelah dan cepat pegal. Walaupun sudah pakai cross-strap.

    Pannier
    + Ngga berasa ada beban di badan.
    + Badan bebas keringat!
    + Muatan lebih banyak, apalagi kalau pannier-nya kiri kanan
    - Bahaya buat laptop, apalagi kalau jalur commute lo jalanan jelek. Laptop gue layarnya rusak kebanting-banting di dalam pannier. Jadi pastikan jalur commute lo mulus.
    - Manuver sepeda kurang lincah karena ada beban tambahan di belakang.
    - Kalau pannier satu sisi, sepeda jadi agak berat ke sisi tersebut, khususnya kalau kecepatan lambat. Kalau lagi agak kencang ngga ngaruh
    - Heel clearance! Buat yang kakinya gede (45 ke atas), pastikan chainstay sepedanya juga panjang, kalau ngga, pannier-nya bakal mentok kena tumit pas gowes. Atau beli pannier yang tapered (bawahnya mengecil). PIAS Scarab gue chainstay 42,5 cm, tapi kaki gue 46. Mentok dah tuh. Sempat mentok, jadi posisi pannier gue mentokin sampai belakang banget.

    Backpack:
    Yang gue pakai sekarang
    + muatan bervariasi, dari banyak sampai sedikit, tergantung ukuran backpack
    + distribusi berat di badang seimbang
    - kalau dipakai lama, apalagi pas bawa muatan berat, punggung jadi gerah.
    - khusus pengguna road bike: kalau pakai backpack ukuran besar fully loaded, kadang bagian atas backpack bisa mentok ke bagian belakang helm pas kita lihat depan.

    Berhubung gue commute jarak dekat (rumah-kantor 9 km), bawa laptop, dan jarang bawa muatan banyak (di kantor ada loker), jadi pilihan gue yang paling enak sekarang pakai Backpack. Pilihan gue: LBBJKT The Breakaway 27L.
     
    Yoi likes this.
  3. Akhmad Fakhrurrozi

    Akhmad Fakhrurrozi New Member

    Sekedar share...
    Saya pemakai 2 diantara 3 jenis bag yakni pannier dan backpack sebagai alat tempur dalam menerjang kejamnya jalanan ibukota dengan masifnya berbagai proyek....

    Pannier :
    + Muatan bebas, saya pernahh bawa magic com ukuran 2 liter pesanan istri yang entah kenapa dikirim ke kantor.
    + Badan bebas karena tanpa beban
    - Udah ngrusakin 2 jenis pannier rack karena beban berlebih. Pertama yang rusak seatpost rack merk Sapience, ane ganti yang universal rack jebol juga. Sekarang pakai topeak tourista dx belum ada keluhan.
    - Sepeda jadi kurang lincah di macetnya ibukota

    Backpack :
    + Kebalikan - di atas
    - kebalikan + di atas
    Ane pake eiger azurita, bukan murni backpack buat gowes cuma karena adanya itu jadi mau dikata apa.
     

Share This Page