1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

Minta advice, turunin berat sepeda crmo atau ganti frame

Discussion in 'Service, Maintenance & Modifikasi' started by clddrp, Jun 12, 2020.

  1. clddrp

    clddrp New Member

    Hello om, sesuai judul saya lagi dilema mau nurunin berat overall sepeda targetnya 1.5kg - 2kg

    Saya ada sepeda rakit sendiri pakai frame crmo 4130 dengan spec sbb:

    Brifter: Shimano 105 5800
    FD & RD: Shimano 105 5800
    Crankset: FSA Vero 50-34T
    Casette: Shimano 105 5800 11-32T
    Chain: HG601
    Wheelset: Shimano RS100
    Tyres: vittoria zaffiro
    Inner tube: maxxis superlight

    Total berat sekarang 10.9kg
    Berat frame set saya kurang lebih 2.5kg (dulu pernah nimbang sebelum rakit udah agak lupa persisnya)


    Saya kemarin nyoba polygon strattos s2 2020 punya temen, kok rasanya enteng banget dan lincah hehe jadi mikir mau upgrade sepeda

    Analisa saya adalah s2 yang bobotnya sebelas dua belas sama sepeda saya punya keunggulan di carbon fork straight yang bikin dia jadi lebih lincah.


    Dulu saya bikin sepeda ini buat jadi all rounder dan endurance bike buat gowes jarak jauh santay, tapi apa daya interest saya berubah.


    Nah pertimbangannya adalah, saya pengen ganti forknya pake straight carbon ACM (harus convert headset ke threadless) dan nabung untuk WS yg lebih enteng lalu upgrade bb dan crank ke 105 r7000


    Tapi saya takut pada akhirnya nggak akan optimal juga karena keterbatasan frame saya, jadi saya lagi considering untuk nabung frame baru sekalian dan pindahin 105 dan ws nya ke yang baru.


    Boleh advise nya om?

    Sent from my phone using internet
     
    Last edited: Jun 12, 2020
  2. galihleo

    galihleo Well-Known Member

    IMG_20200515_091711_456.jpg

    Saya juga ada sepeda chromoly, awalnya 11 kiloan, lalu upgrade wheelset (fulcrum 3.5), fork carbon ACM, drive train mix Ultegra (brifter, rd-fd), 105 (crank-bb) dan dura ace (sprocket).
    Turun jadi 9.14kg


    Btw headsetnya emang sekarang pakai yang 1" Threaded?
     
  3. clddrp

    clddrp New Member

    Wah inspirational, sekarang masih pakai 1inch threaded bawaan framesetnya om, kalau boleh tau itu fork acm ngangkut harga berapa om? Pilihan saya acm soalnya nggak ada yg jual disini yg 1inch, semuanya 1 1/8 jadi sepertinya harus beli langsung dari china

    Mungkin nanti crankset dan bb saya langsung upgrade ke ulte aja ya, karena kemaren pas bikin ini dapat bb kotak dari framesetnya jadi untuk menghemat biaya pake itu dulu

    Sent from my phone using internet
     
  4. galihleo

    galihleo Well-Known Member

    Itu fork ACM dagangan sendiri, hehehe.. Tapi sayangnya memang susah nyari opsi yang 1", mau masukin pun juga jarang peminatnya..
     
  5. clddrp

    clddrp New Member

    Wah berarti harus special order ya kalo 1 inch, ini salah satu alasan pertimbangan apakah worth it upgrade frame ini

    Sent from my phone using internet
     
  6. blowindian

    blowindian Active Member

    Coba bandingkan geometri frame-nya juga om. Dari bahan kan juga beda ya. Satu alloy satunya chromoly.
    Kalau suka chromoly budget bisa coba punya xlr8.

    Saya pake frame chromoly juga dengan fork dan seatpost carbon. Wheelset alloy 32 spokes. Total 9,5 kg. Ya lumayanlah untuk steel road bike kelas menengah ke bawah. Rata2 steel road bike untuk kelas ini berat ada di kisaran 10kg.

    Untuk bangun sepeda, menurut saya, yg utama adalah frame set dulu. Peruntukannya apa sehingga bisa cari geometri yg sesuai. Perlu diperhatikan juga kemampuan bersepeda kita sendiri karena ada frame2 yg hanya cocok untuk yg sudah bagus gowesnya. Kalau seperti saya yg endurance dan powernya belum terbangun, frame2 seperti itu bakal jadi momok begitu tenaga habis krn akan berat sekali untuk mengayuhnya. Biasanya yg seperti ini ada di frame2 kelas atas asli atau pun copy-an yg peruntukannya buat race. Pemilihan paling aman menurut saya adalah yg geometrinya untuk endurance, all road dan all round. Untuk frame touring sudah bisa sekali untuk dikesampingkan karena kita sdh di era bike packing light dan perlengkapan2 juga semakin ringan dan kompak.

    Soal fork, saya mgkn salah. Tapi selama ini saya masih menggangap itu hanya masalah kenyamanan saja karena fork carbon jelas kemampuan damping-nya lebih bagus dibanding steel. Soal handling saya pikir lebih ke soal steer tube yg kenapa perkembangannya ke diameter lebih besar dan taper.
     

Share This Page