1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

Latihan lari buat performance gowes?

Discussion in 'Ngobrol Bebas' started by arsenal4, Nov 24, 2015.

  1. arsenal4

    arsenal4 Atlit Jombang Crit

    Om om yang baik.
    Pingin diskusi soal lari dan gowes nih.

    Mulai dari saya yah :
    Sudah 2 bulan mengikuti trend sebagian pesepeda di surabaya yang mulai latihan lari disamping gowes.

    Sekarang rutin lari 4x seminggu dengan avg 20-30 km perminggu.
    Sepedaan juga masih rutin 4x seminggu.
    Dihari senin dan kamis. Pagi hari gowes dan sore hari lari sepulang kerja.

    Nah..kembali ke topik, dari aktifitas rutin diatas..
    Kesimpulan sesaat..lari tidak mempengaruhi performance gowes..baik disisi jadi banter atau jadi lambat..saya yang lemah tetap aja lemah..malah lebih parahnya dulu saya merasa lemah di gowes sekarang merasa lemah di lari..jadi lemah pangkat 2.

    Tapi ada sisi tetap ada sisi positif dari lari.
    3 tahun saya gowes sy berhasil nurunkan berat badan dari 90kg menjadi mentok di 77kg..susah turun lagi..sejak mulai lari..berat sudah ke 75kg..akhirnya berhasil menembus batas 77kg ini.

    Ok segitu aja dulu..mohon di share buat om om yang lain..nanti kalau galau lagi akan saya tambahkan tulisan ndak jelas ini.



    Sent from my E2353 using Tapatalk
     
    richie_top, hasan, sguna and 5 others like this.
  2. Becakarema

    Becakarema Well-Known Member

    kalo yg saya rasain sepeda menunjang lari, rata2 yg biasa sepeda kuat lari, tapi yg kuat lari gak mesti kuat sepeda
     
  3. hansadhitya

    hansadhitya Well-Known Member

    Tambah satu lagi om:

    [​IMG]

    latihan renang!

    :giggle: :D
     
  4. g4rl1ck

    g4rl1ck Active Member

    Sblm bersepeda saya sempat mencoba untuk lari,mencoba selama 1 bln nafas gk kuat dan lbh banyak jalan dripada larinya. Dan bosan pun melanda,jadi 8 bln ini pindah ke hobi bersepeda. Sebulan ini sudah mulai lari lagi.
    Sudah kuat lari full 5km tanpa berhenti,meski pace masih berantakan...
     
    Becakarema likes this.
  5. bobby irawan

    bobby irawan Active Member

    Kalo saya latian lari buat turunin bb ajah, lebih efektif dari bersepeda.. bagi saya lo :)
     
  6. arsenal4

    arsenal4 Atlit Jombang Crit

    Sependapat..saya merasakan hal yang sama..tapi bisa jadi karena dulu cuma gowes aja. Sekarang gowes + lari..yah effortnya memang lebih banyak..jadi belum tentu benar.

    Cuma disisi lain..lari itu menyakitkan..buat yang suka menikmatin rasa sakit..lari sangat cocok..sensasinya mirip nanjak di gowes. Rasa sakit ketika otot bekerja optimal..benar benar nikmat. Rasa yang begitu dikangenin.

    Untungnya sekarang ada tolaklinu dari sindomuncul..besoknya bisa lari atau gowes lagi.. Mungkin ini rahasia orang orang semarang gowesnya tidak mengenal linu





    Sent from my E2353 using Tapatalk
     
    john and sidik99 like this.
  7. andre_giant

    andre_giant Member

    Buat saya lari cukup membantu meningkatkan stamina sih, sama otot-otot kaki lainnya. Terutama pas lagi latihan cadence diatas 100 rpm, bisa tahan lebih lama. Sekarang sih cuma lari 10k setiap dua minggu sekali. Senin-Minggu latihan rutin road bike. Cuma biar ga bosen aja, jadi ditambahin lari di menu latihannya. :nod:
     
    Last edited: Nov 26, 2015
  8. psananta

    psananta Well-Known Member

    setau saya otot yang dipake pas lari sama sepeda beda om kalau ga salah

    kalau saya cuma sepedahan doang nanti pas lari lagi udah kaya orang yang ga pernah olahraga, badan sakit-sakit + stamina ga ada
    begitu juga sebaliknya

    kalau kata-katanya sepeda/renang itu buat recovery sehabis long run
    kalau kasus nya kaya gitu berarti olahraga yang paling berat itu lari hahaha

    tapi kalau buat nurunin berat badan emang lari deh yang paling bener
     
  9. bobby irawan

    bobby irawan Active Member

    Setuju SAYA
     
  10. andredechh

    andredechh Well-Known Member

    pengalaman SAYA...kalo cuma lari-lari biasa aja nggak kerasa efeknya ke performa gowes. tapi turun berat badan nya sih iya. wiken rutin gowes 3-4 jam berat badan nggak turun-turun, tapi sekali lari 2 jam perut & pinggang lebih rata dari biasanya.
     
  11. emirr

    emirr Contributing Member

    klo diliat org2 disekitar saya & menurut analisa ngasal saya, yg basicnya kuat spedaan begitu mulai lari pace nya udh lumayan buat pelari pemula tp klo basicnya pelari kuat trus mulai spedaan. speednya kyk nubie speda pd umumnya. :eyes:

    klo mo kenceng di lari sm speda ya kudu rajin latian keduanya, ga bs cuma ngandelin rajin spedaan trus langsung jd kenceng larinya ato sebaliknya.
     
    Shuga, tato, SonyJoss and 3 others like this.
  12. idrezafa

    idrezafa New Member

    Ikutan nimbrung om om sekalian. Saya basicnya lari (sudah 2 tahun ini rutin lari seminggu 2-3 kali). Baru 2 bulan lalu mencoba mulai roadbike dan yg saya rasakan sama dengan om becakarema diatas bahwa justru latihan sepeda yg berpengaruh terhadap speed dan endurance lari saya bukan sebaliknya


    Sent from my iPhone using Tapatalk
     
    SonyJoss, Becakarema and arsenal4 like this.
  13. kyonichi

    kyonichi Active Member

    ... #cekperut

    kayaknya saya perlu nyoba masukin lari ke menu latihan selain gowes nih... o_O
     
  14. arifien

    arifien New Member

    Ikutan curcol
    Dah 3 bulan sabtu minggu gowes RB .
    Br minggu lalu lari 5 kilo.
    Stamina dilari bisa kuat nonstop .
    Tapi besokannya jalan dah kayak org abis sunat
    Serbasalah otot paha luar dan dalam sakit luar biasa.
    Hehehehe
    Salam peghel from jkt.


    Sent from my iPhone using Tapatalk
     
    arsenal4 likes this.
  15. Ardi

    Ardi Well-Known Member

    http://cyclingtips.com.au/2009/01/running-to-supplement-your-cycling-training/

    In the end, running does not mimic the demands of cycling, and the golden rule is keep your cycling trainingspecific . Cycle specific training will not only condition the appropriate muscles (in terms of physical and biochemical properties) but will also adapt the appropriate neuromuscular pathways. However, I feel that keeping a small level of running fitness is beneficial for times when circumstances don’t allow for a ride. A run can be a great aerobic alternative.
     
    arsenal4 and pumashoes like this.
  16. hasan

    hasan Well-Known Member

    Saya lari buat latihan ngejar tukang sayur yg kelewat depan rumah om, jd ndak perlu serius latihan larinya wkwkwkkkk
     
    SonyJoss and arsenal4 like this.
  17. arsenal4

    arsenal4 Atlit Jombang Crit

    Rabu kemarin diskusi dengan teman2 yang lari dan juga gowes..menurut mereka lari itu bantu pas nanjak.. 1. Heart rate lebih rendah. 2. Pada posisi off saddle jauh lebih kuat.

    Sy ndak pernah coba..toh sy jarang nanjak..cuma korelasinya kalau menurut sy. Karena berat badan lebih ringan (cek hari kamis bb saya 73kg tinggi 178) harusnya nanjak lebih ok (semoga).



    Sent from my E2353 using Tapatalk
     
    arifien, SonyJoss and saiberian like this.
  18. tato

    tato Well-Known Member

    Gara2 melihat di strava om @arsenal4 rajin lari, saya jadi penasaran. Memang ada teman gowes yang kuat gowesnya dicampur lari juga (larinya juga tambah kuat sekarang). Ada lagi kenalan atlet XC dan downhill yang latihan hariannya termasuk lari sekitar 15 menit.

    Pernah baca kalau otot yang digunakan gowes dan lari berbeda, ada yang bagiannya beda, ada juga bagiannya sama tapi cara kerjanya beda. Feeling saya, otot yang kuat adalah otot yang dilatih dengan seimbang. Karena itu saya coba mengganti 1 hari dalam 1 minggu latihan gowes saya dengan lari.

    Karena saya tidak punya basic lari, pengalaman saya mirip om @arifien di atas. Pertama lari, jantung dan napas baik2 aja, tapi setelahnya kaki kena DOMS parah sampai beberapa hari. Paling susah untuk turun tangga. Setelah 4x lari, DOMS berkurang banyak (jarak dan kecepatan lari tidak saya ubah banyak).

    Hasilnya, saya merasa kaki jadi mempunyai tenaga lebih terutama saat sprint. Mungkin cuma sugesti... Tapi yang pasti buat saya mengurangi kebosanan latihan rutin bersepeda.
     
    arifien likes this.
  19. Izzi

    Izzi Well-Known Member

    Berapa hari DOMS-nya om ? Ini lutut saya terasa sakit sejak lari terakhir hari selasa kemarin, setelah 3x lari

    =========================
    sent from miss helena with the power of love...
     
  20. tato

    tato Well-Known Member

    Di samping lutut pernah ngilunya hilang setelah 3 hari kira2, di paha setelah 4-5 hari. Pernah ngilu2 pegal, dipakai gowes malah sembuh.
     

Share This Page