1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

Lampu Sepeda

Discussion in 'Road, Time Trial, dan Cyclocross' started by mt, Jul 28, 2012.

  1. mt

    mt Pensiun Dulu

    Kalo ada yg pake lampu sepeda dan merasa terangnya bagus, boleh dishare dong.. perasaan nyari lampu sepeda susah bener.. :)
     
  2. sekop

    sekop Contributing Member

    cat eye?
    jgn beli yg ecek2, pengalaman kena hujan malah kagak menyala saat dihidupkan
     
  3. mt

    mt Pensiun Dulu

    Udah beli yg cateye, wah baterenya boros bener pake batere jam. Seminggu sekali mesti ganti batere.
     
  4. josephdiaknes

    josephdiaknes Active Member

    pakai batere yg bisa dcas om hehehe
     
  5. CoMePunk

    CoMePunk Blogger Cycling Indonesia

    Lampu sepeda yang murni untuk sepeda memang hampir semua tujuannya bukan untuk 'melihat' tapi untuk 'dilihat'. Jadi ga akan terlalu terang untuk menerangi jalanan di depan. Kalaupun ada yang buat menerangi jalan, macam Cateye Sumo 3, harganya sadis.

    Saya sendiri akhirnya pakai torch cree. Torch itu semacam senter kecil, cree itu alat pijarnya. Terang banget, dan bisa dipakai untuk melihat jalanan dengan jelas bahkan di daerah yang tidak ada bantuan lampu jalan sekalipun. Untuk orang yang sering commuting pakai sepeda kayak saya, jelas terbantu sekali.

    Ada tiga setelan, full power, half power, dan kedip2. Kalau full power saya pakai hanya di jalanan yang sangat gelap dan tidak ada kendaraan lain dari depan, karena bikin silau.

    Saya beli di NCC Bandung, 300ribuan saja. Untuk dudukan, saya beli dari sepeda98 karena dudukan bawaan ga bisa dipasang di handlebar OS. Ada banyak merk dan harga, tapi biasanya ga akan lebih dari 1 juta. Di FJB Kaskus banyak yang jual. :)

    Kapan2 saya bikin review deh. :)
     
  6. dxtr

    dxtr Peternak Sepeda

    saya pake cat eye om, depan belakang, lumayan jahat juga sinarnya, untuk roadbike saya cuma pasang lampu belakang, soalnya suka gowes masih pagi buta :)

    kalo ga salah cat eye.memang tidak waterproof

    untuk commuting saya pake headlamp cateye dengan lampu senter krisbow cree, headlamp cateye buat kedip kedip, lampu senter untuk penerangan ke jalan yang gelap dan rusak

    lampu belakang ada dua, saya lupa mereknya, satu nempel di helm, satu lagi di pannier bag, yg di pannier bag bentuknya glow stick warna hijau

    kenapa hijau ? karena spetrum warnanya paling mudah dilihat dalam kegelapan
     
  7. Filio

    Filio Dedengkot RCM

    Sy pakai lampu POLICE, batre ada yg recharger juga ada yg tidak..
    terangnya bisa diadu...
    harga bervariatif dari Rp30k s/d Rp250k (sdh berikut bracket utk dipasang di sepeda)
    utk gambarnya:
    [​IMG]
     
  8. Jev

    Jev Active Member

    Setelah coba2 beberapa safety light blakang, saya skarang cukup puas pake cateye rapid5... Kedip2nya paling galak, mestinya motor/angkot/kopaja diblakang kita bisa ngeh ya...
     
  9. dxtr

    dxtr Peternak Sepeda

    harusnya pada ngeh om jev

    kecuali pengendaranya lagi galau dan ga konsen :D

    saya hampir tiap hari pulang malem hanya modal light stick warna hijau, tas serta rompi dengan reflektor warna abu dan lewat rute yg banyak kendaraan sejauh ini aman om
     
  10. andnej

    andnej Member

    saya juga pakai cateye, buat ngirit batre saya pakai mode kedip, disamping itu juga biar mobil ngeh kalau ada saya, sesuatu yg berkedip lebih bisa dinotice oleh orang ngantuk
     
  11. Pengalaman buruk waktu pulang kampus malam" naik sepeda.
    Kecepatan sekitar 27km/h an lampu depan belakang udah di nyalakan.
    Eh tiba tiba ada motor bodong (motor ga ada lampu nya) kan ga keliatan tuh.kecepatan ya lumayan tapi dia sedang melawan arah jadi dia pakai lajur kanan.kan panik tuh untung masih sempat nge rem.eh malah dapat hadiah satu paket kebun binatang.
    Padahal kesalahannya jelas si motor ga menyalakan lampu nya dan dia ada di lajur yang tidak semestinya.

    Btw itu cuma cerita.biar masuk topik.saya pakai cateye yang paket an lampu depan belakang.beli di roda link seharga 250 rb.tujuan pasang lampu ya itu sih buat safety di malam hari.Kalau pun ga bisa menerangi jalan ya minimal bisa ngasih tahu yang lain kalau kita ini ada he he.ya tapi se safety apa pun perlengkapan yang kita gunakan, kalau pengguna jalan lainnya ga safety juga ya kita bisa kena akibatnya he he.
     
    yogadizz likes this.
  12. Ramen Mk-II

    Ramen Mk-II Well-Known Member

    http://cycling-id.com/threads/tips2-seputar-bike2work.206/


    lebih seru ceritanya disini om
    banyak pengalaman juga dari member sini yg bikin ngelus dada
     
  13. andrib

    andrib Member

    Lampu sepeda saya pake Nitecore MH-25 , sebenarnya bukan lampu khusus sepeda...cuman senter harian yg selalu menemani kemana saja. Kuat sinar 980lumens buat saingan sama lampu mobil masih berani, batre charge tipe 1x18650 charger pake charger hape apa aja yg model mini usb. Nyemplung sungai atau jatuh sudah pernah...dan aman-aman saja.
    Kalo teman ada yg pake senter fenix bc-30 yg memang dirancang buat sepeda...kalo buat nite ride, pekatnya malam bisa jadi terang serasa siang
     
  14. dxtr

    dxtr Peternak Sepeda

    Harganya ga tahan om, wkwkw
     
  15. ferdiandriska

    ferdiandriska Well-Known Member

    Saya pake productnya Cross, LED light,
    Murah meriah, 60k lengkap dengan bracketnya.

    Promo nya sih extensive lifetime, sejauh ini memang tidak ada masalah.


    Salam,
     
  16. pumashoes

    pumashoes Well-Known Member

    Belakangan ini pilihan lampu sepeda yang terang makin sedikit ya. Sudah browsing dan tanya sana-sini, pilihan antara Gwee Sol 300, Lezyne Macro (bukan micro) Drive 300 yang semuanya 300lumens, atau pilihan terakhir Lezyne Macro Duo 400lumens. Sempat ngiler sama Knog Blinder Road 2, tapi setelah dipikir-pikir harga vs terangnya nggak sepadan: hampir sejuta buat 200lumens.

    Setelah keliling BL dan beberapa toko, Sol 300 ga ada (padahal tercantum di websitenya), Lezyne cuma ada Micro Drive 200. Lagi pikir-pikir mau ambil Macro Duo 400lumens, dapet info dari @dxtr (thx om!), ada Volt 300 di RL. Walhasil segera mampir RL terdekat untuk menukar Volt 300 dengan sejumlah uang.

    Berikut adalah perbandingan Volt 300 dengan lampu Polygon yang selama ini saya pakai B2H menembus kegelapan selama hampir 9 bulan:

     
    Last edited: Aug 28, 2015
    Benqsiemenz and MUTAwakil like this.
  17. yussan

    yussan New Member

    kalo saya depan belakang pakai cat eye semua,
    depan cateye volt 200xc 200 lumen dan belakang cateye rapid x2 kinetic100 lumen,

    seperti inilah penampakannya :

    Depan :


    Belakang :
     

Share This Page