1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

KM enol / Bojongkoneng

Discussion in 'Leo's Cycling Stories' started by red_cyclist, Mar 7, 2014.

  1. red_cyclist

    red_cyclist Rider Sruntulan

    Miles of torture, heaven for climber

    Mungkin ga sedikit pesepeda di Jabodetabek yang udah familiar sama km 0. Ini adalah salah satu spot gowes nanjak yang - bisa saya bilang - paling ramai di area Bogor. Start point juga praktis, exit tol Sentul City, parkir di salah satu ruko atau SPBU, bongkar sepeda, berangkat deh. Lebih dari 3 tahun udah kenal rute ini, dan sampe sekarang belum bosen-bosen sama tanjakannya.

    Pertama kali kenal rute ini back in Agustus 2010, beberapa bulan abis saya mulai sepedaan, bareng ayah saya ngejajal tanjakan-tanjakan. Waktu itu rute ini lebih dikenal sama Bojongkoneng, karena rutenya yang ngelewatin desa Bojongkoneng. Dari Sentul City, nanjak ke arah Taman Budaya. Turun dikit, masuk jalan kampung, tinggal ikutin jalan sampe ketemu awan. Boro-boro pake road bike, dulu jalannya ga semulus sekarang. Masih ada beberapa bagian yang berbatu, jalan rusak, pokoknya masih jadi salah satu playgroundnya MTB.

    Akhirnya kecanduan sama rute ini. Dulu benchmark waktunya untuk dipecahin 1 jam dari Petronas (yang udah tutup). Seketika rekor itu bisa pecah, ayah saya bareng klub sepeda kantornya dikenalin rute baru ke km 0, yaitu rute Rainbow Hill. Saya lupa persisnya kapan saya dikenalin sama rute yang ini, tapi abis sekali nyoba, saya inget betul, saya ga suka tanjakannya. Memang relatif lebih landai, tapi tanjakannya berasa ga beres-beres. Akhirnya setelah percobaan pertama, saya ga nyoba rute Rainbow Hill untuk waktu yang lumayan lama.

    Juli 2011, abis sering bolak-balik main ke sana pake MTB, akhirnya jalan Bojongkonengnya diperbaiki (ga tau juga kapan dibenerin, pas lagi ke sana tau-tau udah mulus) dan nyoba ngejajal rute ini pake road bike. Sadis! Biar dibilang road bike lebih ringan, tetep aja ngejalanin gear 34/27 waktu itu terlalu berat untuk tanjakan-tanjakan yang gradiennya bisa ampe 16% bahkan lebih.

    But I Like it! Waktu itu berasa bisa kaya pro-rider banget, pake road bike, nanjak aspal, nyalipin orang-orang. Oktober 2011, saya ajak kakak saya ngerasain tanjakan ini. Itu pertama kalinya dia ngerasain nanjak aspal yang "proper" setelah sebelumnya kerjaan kita mainan MTB terus.

    Since then, tiap nanjak km 0 lewat Bojongkoneng ini targetnya cuma 1; getting faster. Barrier 50 menit, 45 menit, sampe akhirnya lumayan struggling nembus 40 menit. Akhirnya pecah juga itu 40 menit sama kakak saya pas lagi nyolong (ralat: minjem) road bike saya. Sejak itu, seolah pernyataan perang keluar antara saya sama kakak saya di km 0, apalagi abis dia punya road bike. Barrier 35 menit jadi target selanjutnya, dan belum pecah-pecah sampe saat saya nulis blog entry ini.

    Akhirnya km 0 jadi tempat rutin nanjak road bike. Bojongkoneng rute utama, sekali-sekali kalo bosen lewat Rainbow Hill. Ada masa-masanya di mana kakak saya ngajak temen-temennya ngejajal tanjakan ini, dan nikmatin gowes damai berempat atau kadang-kadang berlima.

    Well, intinya apa? Butuh waktu lebih dari 3 tahun dari saya nanjak km 0 pake MTB, chainring 22t sprocket 34t sampe akhirnya bisa pake road bike pake chainring 39t sprocket 25t (walopun rutinnya pake 27t sih, 25t terlalu maksa). Jadi kalo ada julukan setrikaan/kuncen whatsoever, that's something we've been working hard on for so long.

    Some of the lessons learned over the years:
    1. Untuk makin kenceng, kalo ngeliat cyclist lain di depan harus coba dikejar. Ga usah terlalu ngepush, tapi coba untuk kecilin gap.
    2. Kalo ada cyclist nyalip, jangan nyerah gitu aja, coba tempel terus.
    3. Turun dari km 0 itu bukan trip yang gampang. Kalo lewat Rainbow Hill, banyak tikungan, traffic rame. Kalo lewat Bojongkoneng, jalannya curam, banyak polisi tidur. Dan yang paling penting, di kedua rute sering ada binatang nyebrang jalan, dari ayam, kucing, sampe musang.


    Some old pictures I've found

    October 2010, di salah satu tikungan tanjakan Bojongkoneng. Bayangin tuh kalo mablang ke bawah. In fact, ada beberapa kejadian ada yang lagi turun gagal ngerem/nikung dan, well, you guess. Untungnya selamat.
    62305_443456034706_2514038_n.jpg


    Foto mantan road bike saya (kiri) bareng MTB legendarisnya kakak saya, Bridgestone MB-5 waktu pertama kali ngajak dia ke sini
    390990_10150370730364707_1760491481_n.jpg


    Rute favorit, nanjak lewat Bojongkoneng, turun lewat Rainbow Hill, ngebentuk lap/sirkuit. Mau diulangin 2x bisa, 3x bisa, 4x bisa, 5x juga bisa, tapi finis di RS Pertamedika.
    Untitled.jpg
     
    Last edited: Mar 7, 2014
  2. riaddenoe

    riaddenoe Member

    Jarak tempuhnya brapa km, kaka? Beda ketinggiannyah?

    Gak maen di jabodetabek, sayah, jauh...
     
  3. red_cyclist

    red_cyclist Rider Sruntulan

    PP sekitar 30km-an, beda ketinggiannya cuma sekitaran 400m
     
  4. mt

    mt Pensiun Dulu

    Ternyata orang enteng kaya elu masih pake 34/27 ya. Gw sih kebanyakan 39/25 cuman ya tau deh bisa 40 menit enggak.. Ga pernah pake timer maklum jarang ke km0

    Sent from my Nexus 5 using Tapatalk
     
  5. red_cyclist

    red_cyclist Rider Sruntulan

    Sekarang mah 39/27 om, udah ninggalin compact. Udah berapa kali coba pake 39/25, waktunya ga bisa secepet kalo pake 39/27, kakinya cepet abis. Emang badan enteng juga kalo ga dibarengin power ga bakal jadi kambing gunung
     
    bleukatana2004 and sguna like this.
  6. wsaputra

    wsaputra Well-Known Member

    Ini trek pertama kali yg saya coba bareng temen setahun yg lalu waktu baru beli sepeda, MTB... via rainbow hill, saya ngga pernah lewat bojong koneng pernah cuma turun... berhenti berkali kali mo muntah, kram, kunang kunang, dan lain sebagainya deh... beneran kacau dan nyiksa perasaan waktu itu... setelah ngerti sekarang.. ternyata waktu nanjak kesana itu, saya masih belum ngerti setup sepeda... sadel kependekan :confused:cara gowesnya jg maksa maksa di awal, ketemu tanjakan disikat berdiri di awal awal.. keturunan bukannya relax malah ngepush biar dapet momentum buat naiknya (sala bener).

    [​IMG]
    Sepeda saya yg merah.. well.. tapi nyampe juga sampe atas... walaupun super cape.

    Sejak saat itu, benci bener sama ini trek, tp karena takut dan merasa belum lulus lulus, jadi sering bolak balik kesini sendirian, setiap ganti sepeda jg disempatkan kesini termasuk fullsus saya yang ban depannya tanpa velg aja beratnya sudah 1kg++

    Terakhir gowes bareng temen saya yg naik Giant itu, lumayan improvement, saya bisa lebi cepat dr dia dimana sebelumnya dia nungguin saya terus dan finish duluan... even saya bisa foto foto dia sambil nanjak.
    [​IMG]
    Bukan berarti saya lebih kuat juga dari dia, karena saat itu dia pake fullsus dan saya pake hardtail, jadi lebih enteng.

    Waktu naik MTB, nyumpah nyumpah pas di lewatin roadbike, kepengen banget naik itu sepeda... lah terakhir kesana naik roadbike beraaattt.. pake gir 39-25.. walaupun lulus.. kurang enjoy aja rasanya..karena ngga bisa ngicik dan main mainin gir. Walaupun bisa pake 39-25, sepertinya kurang proper kalo mau main main ke km0.

    Lesson learnnya sih kalo lg nanjak, stop complaining, hit the pedal! ada yg bilang jgn liat ke depan, cukup liat ban depan jadi bisa lebih ringan.. well, kalo lg bosen, ga ada salahnya liat ke depan.. buat diinget inget nanti pas diatas, tanjakannya lumayan panjang dan serem.. but I did it...
     
  7. red_cyclist

    red_cyclist Rider Sruntulan

    Om @wsaputra lebih prefer lewat Rainbow Hill ya? Nanti minta diajarin om @dhaninugraha tuh lewat Bojongkoneng pake road bike. Dia suka lewat sana katanya...
     
    wsaputra likes this.
  8. dhaninugraha

    dhaninugraha Tukang Makan | Bali 2014 Organiser

    gw udah nyoba naik turun lewat Rainbow Hill, dan naik doang lewat Bojongkoneng.

    dari dua itu, naiknya gw prefer lewat Bojongkoneng karena lebih singkat (tapi lebih intense effortnya), dan turunnya lewat Rainbow Hill karena panjang, winding, jalanannya lebar, dan gada polisi tidur.

    tips buat yang mau naik via Bojongkoneng (ato naik lewat mana aja for that matter):
    • pake chainring kecil aja, lalu...
    • pentokin sproket di 25 ato 23 (jangan sok-sokan sproket kecil dan/atau chainring gede kecuali yakin dan/atau terbukti kakinya kuat),
    • jangan keseringan cross-chain,
    • minumlah dimana ketemu flat ato turunan,
    • jangan sok-sokan off-saddle juga kalo baru pertama kali naik (tar keburu abis trus depan masih ada... nah loh! TTB dah... mau dikemanain harga diri?), dan...
    • usahain gowes terus. slow steady effort jauh lebih mendingan dan lebih tinggi probabilitas finish dalam sekali tarik daripada ngebom mulu.
     
    pumashoes, nocturn, darmamade and 5 others like this.
  9. andytio

    andytio Fat Cyclist

    @wsaputra , itu polygon cozmic cx 1.0 ? mohon review dong. trims
     
  10. wsaputra

    wsaputra Well-Known Member

    Iya Om, Polygon Cozmix CX1.0... emmm reviewnya gimana yah.. hehe, sepeda pertama, ga ada perbandingannya.

    Beli ini karena suka bentuknya dibandingin Xtrada, dan rear trianglenya lebih kokoh bentuknya. Framenya hydroformed, jadi sudah cukup enteng, kalo ga salah sekitar 1.5kg-an framenya.

    Untuk pengendalian, mungkin standar kali yah, dipake paling rusak ke NURA, wheelsetnya cukup kuat walaupun bukan merk terkenal karena waktu dibawa ke NURA berat saya hamper 90kg dan dibanting banting bannya di jalur makadamnya, sampe sekarang rim masih lempeng. Hub/freehub kalahnya karena sering kena air dan nerobos banjir aja, tinggal ganti pelor.. normal lagi.

    Fork depan, banyak yang complain berat dan kurang responsive d el el... well.. mungkin cm karena merknya aja, saya pake ini no complaint.. berat, ya pasti 2kg-an, tp toh ga diangkat angkat jg sepedanya..lucunya di sepeda satunya saya pake epicon diatas fork ini, malah berasa lebih enak ini... pendapat newbie lah ya.

    Groupset mixed deore dan alivio, cukup buat pemula ato iseng iseng aja... cm ya bedanya kalo kotor lebih sering missed dan harus lebih sering di bersihin dibandingin seri saya satunya, XT. Crank standarnya dapet XCM (atau R, saya lupa) bueeraaatttt... dan ga loncer.. akhirnya ganti standar crank Deore, berasa lebih smooth pas diputer..buttery kalo orang sana bilang.

    Remnya untuk sehari hari dan ga ekstrem ngga masalah, dapet hydro non series yg warna putih..cumaaaaa... kalo panas agak bahaya, harus diteken lebih kuat dibandingin pada saat dingin, dan berasa bener ngelossnya. Ngalamin ini pas turun dr km0 via bojong koneng, kaget pas diteken 1 jari, rem ga makan. Kalo main ke NURA, RA, pas di bawah di jalur tamiya-nya jg sudah kurang pakem. Mungkin ini yg harus diupgrade kalo mau buat sruntulan, sepeda satunya pake XT, much better.

    Jadi apakah sepeda ini worthed?

    Saya lebih saranin ambil 1 level di atasnya, CX2, full deore (kecuali rem kayanya), suda dapet fork udara (easily adjusted)
    Tapii sebelum ambil CX 26" bole diliat liat versi 27.5" atau 29"nya... lagi musim soalnya.. hehe.. kalo trek yg akan dilalu tidak terlalu teknikal (tidak banyak twist dan narrow corner), 29" lebih enak buat jaga momentum dan ngeroll (dgn downside akselerasi lebih lambat).. mau yg in the middle, ada yg 27.5".

    Thanks
     
    andytio likes this.
  11. andytio

    andytio Fat Cyclist

    Thank you banget oom. tapi sepeda dgn theme color ini yang lagi bagus2nya polygon.
     
  12. wsaputra

    wsaputra Well-Known Member

    [​IMG]
    Yg ini malah lebih bagus Om warnanya :Dimho..
     
    pumashoes and andytio like this.
  13. hardi

    hardi Well-Known Member

    maap om, bisa di jelasin apa itu cross-chain?hehe
     
  14. dhaninugraha

    dhaninugraha Tukang Makan | Bali 2014 Organiser

    Cross-chain:

    Chainring gede + sproket kecil, atau

    Chainring kecil + sproket gede.

    Kasian rantenya, tegang banget. Segala sesuatu yang tegang banget, apalagi tegangnya kelamaan, kan ngga baik... Bukan begitu? #eh


    Sent from my iPhone using Tapatalk
     
    andytio, hardi and red_cyclist like this.
  15. tato

    tato Well-Known Member

    Mungkin lebih jelasnya gini:
    - chainring 39, sprocket 11
    - chainring 53, sprocket 25

    Kalo dilihat dari atas, gir depan ada di kanan (besar, 53), gir belakang ada di kiri (besar juga, 25).
    Atau sebaliknya, gir depan di kiri (kecil, 39), gir belakang ada di kanan (kecil, 11).

    Contoh ini pakai crank standard 53-39 dan sprocket 11-25.

    Ketegangan chain karena tertarik menyamping, bukan depan-belakang.
     
    hardi and red_cyclist like this.
  16. riaddenoe

    riaddenoe Member

    Ato
    [​IMG]
    Cozmic29 cx2.0 t3, yg versi triple speednya, 2014. Tapi gak muncul si site polygon indonesia-nya...

     
    wsaputra and andytio like this.
  17. Maap Om, cross-chain (tertarik menyamping) itu bukannya ;
    Chainring gede, sprocket gede. atau,
    Chainring kecil, sprocket kecil ??

    CMIIW
     
  18. ppephe

    ppephe Bali 2014 Organiser

    Haha iya om, kan sebelumnya udah bilang asumsi pake 53-39 sprocket 11-25 which is 53 ring paling gede dan 25 cog paling gede dan sebaliknya.


    Tapi kalo saya pencinta cross chain, nunggu fd sram red 22 jadi murah.. #gamungkin

    Sent from my SM-N900 using Tapatalk
     
  19. :oops:Oh iya, setelah saya baca-baca emang bener tulisan om
     
  20. bleukatana2004

    bleukatana2004 Bali 2014 Organiser

    Baru baca nih posting red_cyclist
    DUA JEMPOL DAH

    Ternyata 2011 eh 2010 ya masih termek-mehek di Bojong koneng

    Kalau saya Des 2011 masih TTB di BK dgn MTB polygon B2W yg Koneng
    Yg plg berkesan pertama kali nyoba bojong koneng berdua temen, hanya sampai tanjakan pertama, sebelum tower komunikasi , udah sesak nafas , akhirnya puter balik
     
    andytio likes this.

Share This Page