1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

Kakek Prancis Usia 105 Tahun Pecahkan Rekor Bersepeda

Discussion in 'Road, Time Trial, dan Cyclocross' started by bagusgowes, Jan 6, 2017.

  1. bagusgowes

    bagusgowes Well-Known Member

    Robert-Marchand1.jpg

    Rekor satu jam Bradley Wiggins yang bisa mencapai jarak 54,526 km tak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan rekor Robert Marchand, yang sudah berusia 105 tahun dan mampu menempuh 22,547 km dalam satu jam, di hari Rabu kemarin.

    Kakek Prancis kelahiran 1911 itu juga memegang rekor di kategori 100+, dengan 26,927 km di bulan Januari 2014. Kini, dia meraih apa yang mungkin tidak akan bisa dilakukan orang lain, rekor di kategori 105+.

    “Aku bisa saja mencapai jarak yang sedikit lebih jauh lagi,” ujar kakek bertinggi tubuh 4 kaki 11 inci dari Paris tersebut di lintasan Saint-Quentin-en-Yvelines. “Lihat pemanasanku tadi, aku pasti bisa lebih cepat".

    Robert Marchand berulang tahun ke-105 pada tanggal 26 November yang lalu. Dia memiliki keinginan untuk memecahkan rekor sejak dia berhasil meraih rekor di kategori 100+, saat itu di Aigle, Swiss, dengan 24,251 km, saat dia berusia 100 tahun, lalu kemudian di bulan Januari 2014 di track yang sama dengan kali ini.

    “Aku pun terkejut bisa meneyelesaikannya", katanya setelah melihat para penonton di velodrom menyambutnya dengan standing ovation. Di tahun-tahun mendatang, dia ingin tetap mencoba sejauh apa kemampuannya dengan usianya yang semakin bertambah.

    Robert Marchand selamat dari dua Perang Dunia. Istrinya meninggal di tahun 1943, dan dia pun hidup seorang diri, tanpa seorang anak pun, dan kemudian juga berlatih sendiri.

    “Aku bersepeda 10 hingga 20 km setiap hari, namun bukan di luar ruangan. Aku takut terkena flu", katanya.

    Bersepeda adalah kegiatan yang sejak kecil selalu dilakukannya. Dia membeli sepeda pertamanya pada tahun 1925 dan memenangkan balapan pertamanya pada umur 14 tahun, namun pelatihnya mengabaikannya karena menganggap dirinya terlalu pendek untuk ikut berlomba di ajang profesional. Namun uniknya, Robert berhasil menjadi juara nasional senam dan tinju.

    Dia kemudian berhenti bersepeda dan memulainya lagi di 1937. Di tahun 1946, saat berusia 35 tahun, dia berhasil menempati peringkat kedua di belakang Fausto Coppi di ajang Grand Prix des Nations.

    Robert Marchand bekerja sebagai pemadam kebakaran di Paris. Sebelumnya, dia juga pernah bekerja di Venezuela dan menjadi penebang pohon di Kanada. Beberapa pekerjaan lain yang pernah dilakukannya adalah menjual sepatu, menjadi tukang kebun, dan yang terakhir ini adalah menjual wine.

    Bersepeda tetap menjadi panggilan hatinya. Dia lalu membeli sepeda pada tahun 1978, saat berusia 67 tahun. Dia mengikuti ajang amatir Bordeaux-Paris dan Paris-Roubaix.

    “Sepertinya aku adalah yang pertama kali mencipta rekor di kategori ini. Ini memang unik, namun aku tak lalu merasa spesial".

    Di seluruh dunia, ada sekitar 450ribu orang yang berusia di atas 100 tahun. Di antara jumlah tersebut, ada beberapa orang yang spesial, salah satunya Robert Marchand.

    Fauja Singh ikut lomba lari 8 : 11 di Toronto Marathon pada 2011. Saat itu, dia berusia 100 tahun, namun tak ada catatan kelahirannya, dan rekor tersebut tak diakui secara resmi.

    Donald Pellman (Amerika Serikat) membuat rekor lari 100 meter di usia 104 tahun, dengan catatan waktu 26,99 detik pada 2015. Rekor dunia tercepat saat ini dipegang Usain Bolet dengan 9,58 detik.

    Donald Pellman juga punya rekor di lompat tinggi di kategori usianya, dengan tinggi 0,9 meter (90 cm). Rekor dunianya dipegang oleh Javier Sotomayor dari Kuba di tahun 1993 dengan tinggi 2,45 meter.

    Usia memang berpengaruh, jarak yang ditempuh Robert Marchand di kesempatan yang terakhir ini lebih pendek 4 km jika dibandingkan dengan rekornya 3 tahun yang lalu.

    Robert pun menimpalinya dengan guyonan, “Jika bisa sampai 30 km, itu pasti aku sudah memakai doping”.

    Sumber: http://goowes.co/2017/01/05/kakek-prancis-usia-105-tahun-pecahkan-rekor-bersepeda/
     

Share This Page