1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.
  2. Jersey CID V7.1 dan V7.3 telah dipesan. Untuk update terakhir KLIK SINI desain 4

GranFondo 4

Discussion in 'Touring' started by andalkunt, Apr 7, 2014.

  1. andalkunt

    andalkunt New Member

    Sesuai dengan hasil diskusi sebelumnya bersama dengan @FunRunner dan @bluekatana2004 bagaimana neh caranya dapat granfondo di strava hehe..akhirnya tercetuslah ide untuk rute Bogor-Bandung (itung2 sekalian kulineran wkwk..). Ditetapkan pada hari Minggu tgl 6 April 2014 dan tikum di McD Bogor menjadi titik start dan finish di Kota Parahyangan Baru Bandung IMG-20140403-WA0005.jpg IMG-20140403-WA0004.jpg
    Dan berikutnya adalah cerita lengkapnya :
    1. 0 - 31 km (McD Bogor - Mang Ade Puncak Pass)
    Setelah semua berkumpul di tikum yang telah ditentukan dan siap2 untuk perlengkapannya, maka kami start dari McD itu jam 4.45 WIB dengan target jam 7 sudah tiba di Mang Ade sebagai titik refuel pertama. Rute ke Mang Ade ini sebenarnya sudah bbrp kali dilewati sebagai rute latian dan kali ini kita berangkat lebih pagi dengan harapan kondisi lalulintas Puncak Pass masih cukup lengang dan bisa tiba tidak terlalu siang di titik finish. Selama perjalanan ini kami masih bisa saling ngobrol dan ketawa-ketiwi hehe..Untuk rute ini saya dan @FunRunner mengikuti pace om @bleukatana2004. Dan saat sebelum melewati tanjakan KFC tercetuslah ide untuk mensetrika tuh tanjakan (yah susah d kalo ud ngikutin kuncen tanjakan gini,,itu tanjakan ud kyk flat aj ngelewatinnya..ampun d kuncen2..) Setelah melewati tanjakan KFC maka tibalah kami di rute Gunung Mas (enak banget hawanya masih adem krn msh jam stgh7 saat kita ngelewatin tuh kebun teh) Sambil melihat pemandangan dan sambil nanjak om @FunRunner ngerasa ini kenapa hawanya tambah dingin y dan ternyata memang anginnya juga lagi lumayan kemarin itu jadilah kami yang belum pakai kostum penghangat mencoba nikmatin pace dan tanjakan yang ada walaupun brrrrrr ademnya..Dan akhirnya kami tiba jam 7 di Warung MangAde (1300mdpl) btw masih dikit bgt komplotan MTB yang parkir disini jadi kami rombongan RB bisa kuasai tuh warung hehe..Puas akhirnya bisa refuel singkat di warung Mang Ade dan disini juga kami ketemu dengan sopir+mobilnya om @bleukatana2004 untuk koordinasi titik berhenti selanjutnya dan refuel bidon/energy gel.Lumayan selfie dulu neh Terong2 Bogor sebelum lanjut ke Cianjur hehehe.. IMG-20140406-WA0000.jpg
    2. 31 - 82 km (Mang Ade - batas kabupaten Cianjur dan Bandung Barat)
    Untuk rute ini kalo menurut saya bonus banget setelah nanjak ke MangAde,,jadi setelah warung tersebut rutenya adalah full turunan dan rolling yang seruuu banget,,aspalnya juga mulus dan lalinnya gak terlalu ramai. Dan emang ud gatel jg pengen ngebut mulailah om @FunRunner yang ngelibas bbrp mobil dan motor salahsatunya adalah bus TNI wkwkwkwk....dilewatin juga tuh bus padahal lagi sama2 kenceng,,kalo ud dikasi contoh gitu yah gak ada salahnya kita ikutin juga ngelibas tuh bus (baru kali ini ngerasain keabisan gear 53-11 ud ngicik muternya hahaha)..emg enak tuh turun dari Puncak masuk kota Cianjur TOPP..!!! Tapi lagi enak2nya turun kali ini om @bleukatana2004 ngalamin bocor ban belakangnya,,dan yang bikin tuh ban bocor karena sebuah paku yang udah gepeng. diliat dari luar kayak staples yang masuk tapi setelah dibongkar ternyata panjang juga tuh paku gepeng. Setelah ngelewatin jalur turunan dan rolling dan masuk ke daerah pinggiran kota Cianjur menuju Bandung Barat disini jalurnya mulai terasa flat terusssss mpe gak kerasa ternyata kita sudah menempuh 50km non-stop kemudian om @bleukatana2004 putuskan untuk cari tempat rehat. Cukup sulit cari tempat rehat di sisi kiri jalan (harapannya bisa ketemu Alfa atau Indomart) tapi dibanding gak rehat akhirnya kita berhenti di warung kecil pinggir jalan. Saya pikir saat berhenti itu udah cukup siang ternyata masih jam 9-10 gt,,karena saya ngerasa neh hawanya sudah mulai panas dan terik juga matahari. Sambil ngobrol om @bleukatana2004 cerita kalo ini adalah rutenya KGB waktu ke Bandung dan saat itu di sepanjang jalan ini udah banyak rider yang bertumbangan cuma kita aja yang nekat jalan non-stop hehehe.
    3. 82 - 95km (batas kabupaten - Cipatat (daerah bukit gunung kapur))
    Hehehe pendek y jalurnya ud istirahat lagi ,,tapi ampunnnn dah kalo kita liat peta tuh harusnya jalur yang mudah dilewatin tapi kita lupa kalo kita ini uda jalan 90km wkwkwkw.. Jadi setelah melewati jembatan panjang gitu (saya gak tau namanya) yang jadi batas Kab.Cianjur dan Bandung Barat,,tuh rutenya mulai terasa nanjak,,sampai pada saat kita mulai masuk ke daerah bukit kapur (kalo gak salah namanya Cipatat) itu modelnya kayak Gunung Mas rutenya tapi berhubung hawanya udah gerah banget dan matahari cukup terik ngaruh banget ama kondisi fisik dan kondisi bidonnn mulai kering lagi...jadilah selain nanjak saya galau sambil cari2 kalo ada minimarket (udah dikasi minum isotonic masih tetep aja kering neh kerongkongan) wkwkwk,..dan ternyata om @FunRunner punya pemikiran yang sama dengan saya jadi saat dia ud liat secercah papan toko INDOMAR*T dia mulai tengok2 ke saya yang ada dibelakangnya dan seketika juga saya langsung tunjuk ke arah took itu dan mulailah kami lepas cleat yang berarti kudu STOP lagi neh badan wkwkwk..dan dibelakang om @bleukatana2004 tertawa sambil bilang "lhaa koq ud lepas cleat lagi.." hahahaha.. ampun om ud kepanasan neh radiator..
    Mari kita borong neh Aqua botol tanggung, Beng2, es krim Magnum yang penting neh radiator ud cooling down,,sambil duduk dan liat ke jalanan ini panasnya ud AFGAN banget dah (SADISS..) Setelah istirahat beberapa menit maka kami melanjutkan perjalanan sambil berharap neh jalur tanjakan ud segera selesai dan kita bisa ketemu turunan lagi..
    4. 95-103km (Cipatat - Kota Parahyangan Baru)
    HOREEEEE doa segera terjawab gak jauh dari tempat terakhir berhenti itu ternyata kami sudah menemukan turunan memasuki kota Bandung Barat :) emang y doa dijawab tepat pada waktunya wkwkwk...Dijalur ini lalu lintas sudah mulai ramai jadi beberapa kali harus posisi satu kaki lepas cleat sambil menyusup diatara mobil2. nah disinilah terjadi insiden om @bleukatana2004 menyundul topi Pak Polisi yang tiba2 berhenti mendadak sepeda motornya hehehe,,lagian dikira tuh motor bakalan ngebuka jalan eh malah mendadak berhenti y om hehe,,tapi emg neh auranya om @bleukatana2004 dengan kulit yang sudah terbakar dan kacamata item tuh polisi y gak berani comment deh hahaha MANTAPPP om... (padahal mungkin ud deg2an juga tuh ud susah lepas cleat krn rem mendadak trus polisi pula yang ditabrak :p). Setelah berhasil melewati kemacetan gak jauh kemudian tibalah kita di tempat finis yaitu Kota Parahyangan Baru,,setelah sampai disini kita cek kilometer ternyata masih kurang dari target 130km then diputuskanlah untuk nge-lap di Kota Parahyangan Baru ini :)
    5. nge-lap 3 putaran Kota Parahyangan Baru
    Enakkk bgt neh nge-lap disini,,aspalnya bagus, ada cobblestone juga, ada naik turunnya juga (gak terlalu tinggi), anginnya enak bgt dan pas bgt sekali nge-lap dapet 9km jadinya kita puterin tuh komplek 3 kali buat menggugurkan kwajiban minimal granfondo..Cuma yang gak enak tuh speedtrap nya (yah buat safety juga c..) Oia disaat ini juga kondisi batere HP om @FunRunner ud critically LOW hahaha kebayang aja ud dapet 120km trus HPnya mendadak OFF wkwkwkwk (ZONKK moment banget tuh !!!) masa mau nge-charge trus digowes pulang tuh sepeda ke Bogor :p 20140406_125135.jpg 20140406_125159.jpg 20140406_125515.jpg
    Btw setelah kelar nge-lap then we siap2 loading Sepeda, ganti baju, dan loading orangnya buat ngisi perut lagi. Tahapan granfondo selesai jam 12 siang (estimasi sebelumnya jam 1) then kita siap2 balik ke Bogor lagi.. btw ada bbrp lesson learned dari perjalanan ini menurut saya antara lain :
    a. pack riding lebih safety dan fun dibanding sendirian.
    b. walaupun kita sudah berhati-hati tapi pengendara sekitar kita belum tentu aware dengan keberadaan dan posisi kita (ada 2 near almost accident dalam trip ini : mobil sedan putih tiba2 minggir ke tepian jalan dan pengendara sepeda motor yang langsung mengambil jalur sepeda)
    HAPPY RIDING..!!
     

    Attached Files:

  2. ppephe

    ppephe Bali 2014 Organiser

    Gowes bocorrr

    Sent from my SM-N900 using Tapatalk
     
  3. nocturn

    nocturn Well-Known Member

    Bocor kalo ud lanjut ke tangkuban perahu trus turun ke subang wkwkwk

    sent from catatan saya sinyal putus nyambung..
     
  4. wsaputra

    wsaputra Well-Known Member

    TOP ABIS!!
     
  5. ppephe

    ppephe Bali 2014 Organiser

    Lo koleksi nick forum apa gimana dal @nocturn @andalkunt hahaha

    Sent from my SM-N900 using Tapatalk
     
  6. nocturn

    nocturn Well-Known Member

    Lha koq beda y gw tulis lwt PC ama lwt hape..hahaha thx y infonya maklum om msh katrooo neh gw :p

    sent from catatan saya sinyal putus nyambung..
     
  7. setzz

    setzz Well-Known Member

    keren nih.. epic.. 130 km pake nanjak gunung

    Sent from my GT-N7105 using Tapatalk
     
  8. bleukatana2004

    bleukatana2004 Bali 2014 Organiser

    Mantap laporannya om Andal

    Thanks Om Beni dan Om Andal yg menjaga dan menasehati saya utk hati2

    Bagusnya rute ini di tanjakan terakhir yg super panass , tanjakan bukit kapur padalarang

    Turun dari Puncak Pass ke Cipanas sulit dilupakan , jalan mulus, lebar, apalagi hahaha

    Kalau kita lebih menjaga waktu mungkin bisa sampai kota baru parahyangan jam 11. Rute idaman tuh , gowes ke Bandung , tapi jam 14.00 bisa makan siang kembali bersama keluarga di rumah di Bogor

    Kemarin waktu yg bisa dipotong, di Mang Ade, kalau nggak makan indomie, makan roti aja mungkin lebih cepat.

    Di Padalarang nggak usah makan es krim kali ya hahahaha , start gowes secepatnya lagi

    Mudah2an Om Beni kalau suntuk di kantor nanti ingat2 pengalaman gowes bisa senang

    Ditunggu nih edisi kedua gowes Terong to Bandung

    Selamat nyoblos
     
    Soejohny Song and wsaputra like this.
  9. setzz

    setzz Well-Known Member

    kapan klo ada lg sy ikut oms

    Sent from my GT-N7105 using Tapatalk
     
  10. ch_cx

    ch_cx Bali 2014 Organiser

    Eduuun...jembatan panjang itu rajamandala namanya. Nanjak bukit kapur gak extreme tapi kondisi trafficnya yg kurang bersahabat ditambah badan yg udah lowbatt :). Boleh juga dicoba rute jonggol cariu dan subang...yang terakhir gradiennya paling edan menurut saya...metnyoblosjuga!
     
  11. FunRunner

    FunRunner Rider Srampangan

    Mantap kemaren gowesnya!

    30km terakhir di Kota Baru Parahyangan parah juga sih, rolling lap 10km:confused:. Mana saya mesti ngebut biar dapet 130km sebelom batere HP abis:(.. Lap 1 masih semangat bisa jalan sekitar 30kph. Lap 2 kalo ketemu tanjakan udah males ngepush. Lap 3 udah beneran abis bahan bakar :)) . Eh, ternyata masih sempet nyolong achievement di segment Kota Baru Parahyangan :chainsaw::chainsaw::chainsaw:

    http://www.strava.com/activities/127397627
     
    Soejohny Song likes this.
  12. bleukatana2004

    bleukatana2004 Bali 2014 Organiser

    Om @setzz Om @ch_cx : 27 april yuk di ulang lagi Bogor-Bandung
    Cariu Subang juga boleh, tapi start dari Cibubur biar gak ribet sama lalulintas

    Jalaur Bogor-Bandung utk latihan bagus, krn semuanya sdh jelas,
    Rute jelas , nggak bakal nyasar
    Lubang di jalan, sudah jelas, sgt sedikit, mulus
    Suply makan minum jelas
    Akhir rute ada tanjakan , ini lumayan bagus, badan capek, harus nanjak lagi
     
    Soejohny Song and ario3 like this.
  13. setzz

    setzz Well-Known Member

    27 april kecepetan om buat saya, mei ngga free juga.. mungkin juni blom ada schedule, cmn ngga ada hati libur itu, jd kemungkinan dateng jumat malem, sabtu rolling, minggu pulang

    Sent from my GT-N7105 using Tapatalk
     
  14. nocturn

    nocturn Well-Known Member

    Ayo2 om jadiin y mpe ke Bandung kota sekalian kuliner as bonus ruteny haha

    sent from catatan saya sinyal putus nyambung..
     
  15. ario3

    ario3 Active Member

    Seruuu hehe... Saya cuman kebayang pas rute mc d tanjakan ke mang ade nya.. Mgkn klo saya udh mual2 sambil pusing tu hehe... Tp seru bgt pengalamannnya..
     

Share This Page