1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

Index Thread Cycling Pain

Discussion in 'Road, Time Trial, dan Cyclocross' started by Ernestkus, Mar 13, 2013.

  1. 2pic

    2pic Active Member

    posisi sadel skrg rasanya malah aga kerendahan om..uda direncanain mau cek ulang sudut kaki sblm gowes lagi nt.
     
  2. niclo32

    niclo32 Member

    sama yang seperti yang saya alami,, terasa sekali pas lutut di tekuk atau duduk bersila,, saya juga sudah minum penghilang sakit dari dokter 2 minggu nggak ada perubahan,.
    lalu tidak sengaja saya coba putar2 searah jarim jam tulang dalam lutut pada posisi kaki nyaman, sampai ada rasa enakan dan lega pada lutut, alhasil sudah normal
    dan tidak pernah kumat lagi,,
     
    tato likes this.
  3. 2pic

    2pic Active Member

    apanya yg diputar searah jarum jam om?
    rasa leganya pas gowes ato pas berlutut/lipat?

    obat2 dari dokter jg uda abis nih..masi ada aja rasa ga nyamannya..naik turun tangga jg berasa (yg ada beban ke lutut)..
     
  4. niclo32

    niclo32 Member

    terasa ada yang mengganjal plus nyeri saat naik tangga, duduk bersila yg lama, saat lakukan sprint, apalagi climb

    saya duduk nyaman dengan kaki terlentang lurus kedepan (kaki kiri dan kanan),, saya sakitnya terasa pada bagian dalam agak kebawah dari tempurung lutut,, waktu itu tempurung kaki kiri saya putar halus ke arah dalam (searah jaum jam) sampai menemukan titik nyaman dan rasa lega pada bagian yang sakit,, kaki kanan putarnya berlawanan arah jarum jam,,
    jangan lupa bike fit ulang posisi sadelnya agar tidak kambuh lagi,,
     
    Last edited: Oct 14, 2017
    2pic likes this.
  5. 2pic

    2pic Active Member

    wheewww..tempurung lututnya bisa muter om?? sy punya ga bisa nih..

    hari ini sambil gowes sambil setting..
    tambah saddle height..
    cleat angle set lebih heel in & ada free play lbh ke arah dalam (minusnya sepatu gampang nabrak crank arm).
    karena angle berubah, fore/aft nya jg setel ulang..blm bener2 dpt tp uda mendekati..

    hasilnya beban ke lutut rasanya berkurang..jd uda mendingan..
     
    niclo32 likes this.
  6. Jimbong76

    Jimbong76 New Member

    Coba bantu utk urusan lutut..
    Kalo di saya pribadi lutut sakit hasil sepedaan pasti di adjustment seat height nya aja.
    Dan satu lagi yg sy rekomen di sini ialah coba konsumsi secara rutin Glucosamine condotrine msm, semacam pelumas utk sendi2 tubuh. Sy umur 41 thn, juga intens di running (high impact) stlh rutin konsumsi itu syukur rasa sakit dan injury lutut bisa di bilang gak pernah lagi.
    Semoga bermanfaat
     
    mardeinse likes this.
  7. punaisme

    punaisme New Member

    izin sharing pengalaman selama bersepeda om, barangkali disini ada yg mengalami hal yg serupa sama saya...

    saya baru bersepeda, selama bersepeda saya tidak pernah mengalami masalah pada lutut (doms atau pegal saya anggap wajar)

    tapi saya ada masalah keram pada betis bagian belakang, masalah tersebut biasa nya muncul kalo bersepeda diatas 20km. baik kaki kanan maupun kaki kiri.

    terakhir saya mengalaminya waktu sepedaan minggu kemarin, kali ini keram dibagian betis kiri bagian belakang sekitar di kilometer ke 25 dan 30.
    singkat cerita akhir nya saya memutus kan untuk memendekan seatpost dengan asumsi agar lutut bekerja lebih berat dibandingkan dengan betis.

    dan ternyata dengan kondisi tersebut masalah di betis saya tidak muncul kembali. dan akhirnya saya pulang dengan selamat tanpa masalah berarti (sekitar 50km di strava)

    pertanyaan nya adalah : apakah masalah yg saya alami benar diakibatkan oleh seat post yg ketinggian atau ada masalah di bagian betis saya. (tinggi saya 165. inseam 72. pake pengitungan x 0.883)

    terima kasih.

    Sent from my Redmi Note 2 using Tapatalk
     
    Last edited: Apr 16, 2018 at 4:36 AM
  8. andytio

    andytio Fat Cyclist

    mungkin :

    kurang pemanasan
    kurang minum
    gir terlalu berat awal2
     
  9. tato

    tato Well-Known Member

    Yang ditulis om andytio di atas, tambah:
    - belum terbiasa
    - seatpost terlalu tinggi
    Rumus belum tentu bisa diaplikasikan ke semua orang, karena perbandingan panjang paha dan betis tiap orang beragam. Yang benar adalah yang nyaman.
    Biasa patokannya dimulai dari: pada posisi pedal terjauh, tumit (belakang tapak kaki) pas menempel pedal. Ini tanpa memaksa sampai pinggul miring ya.. Lalu waktu clip in, lutut jadi tertekuk sedikit. Dari patokan ini, coba naik/turun 0.25 sampai 0.5 cm tiap minggu.

    Semoga membantu
     
  10. punaisme

    punaisme New Member

    - kurang pemanasan ada bener nya om ane biasa nya pemanasan nya langsung di sepeda pakai gear enteng kalo boleh sharing biasa nya om sebelum mulai pemanasan nya berapa menit?

    - kurang minum, ane selalu atur minum om, bahkan sebelum bersepeda ane biasa nya habisin 5-7 gelas.

    - gir berat di awal. kembali ke point 1 ane pemanasan nya pake gear enteng. tapi ane sendiri type pusher. kurang seneng ngicik. pernah ane ngicik dari awal pake gear depan yg kecil biar ringan eh... kram2 juga kaya nya balik ke point 1 harus pemanasan dulu.

    terima kasih om, nanti ane terapkan pemanasan dulu sebelum sepedaan



    siap om, nanti ane coba fitting ulang. soalnya dari sepedaan yg terakhir seatpost diturunin eh ngga kambuh lagi kram nya.

    terima kasih om.

    Sent from my Redmi Note 2 using Tapatalk
     
  11. andytio

    andytio Fat Cyclist

    foto aja di sini.... posisi pedal paling bawah.....
     
  12. tato

    tato Well-Known Member

    Om @punaisme
    Pemanasan memang sebaiknya di atas sepeda. Jalan santai sekitar 10-15 menit. Pakai gir ringan untuk pemanasan sudah benar.

    Ada baiknya latihan ngicik kalau mau lebih serius di sepeda. Karena pakai gir berat itu kurang efisien untuk jarak jauh. Dan putaran kaki yang efisien itu menurut saya lebih mudah didapat kalau sudah terbiasa ngicik.
     
  13. punaisme

    punaisme New Member

    siap om!
    minggu nanti saya coba gowes santai tapi dengan jarak yg sama.
    mau lihat masalahnya di kaki saya atau emang kebiasaan bersepeda saya (kurang pemanasan/push) yg ngga cocok sama saya
    terima kasih atas masukan2nya

    Sent from my Redmi Note 2 using Tapatalk
     

Share This Page