1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

Bearing Pengganti Fulcrum Racing 5

Discussion in 'Service, Maintenance & Modifikasi' started by galihleo, Mar 19, 2014.

  1. galihleo

    galihleo Well-Known Member

    Selamat siang teman-teman..

    Mau tanya sedikit nih,
    Jadi ceritanya saya habis bayarin fulcrum racing 5 punya kawan saya, dia tidak terlalu suka road dan bilang wilset ini terlalu fancy bagi dia (tadinya dipasang di sepeda cyclocross dan hanya dipake sekali untuk muter keliling negeri tetangga, dia pun dapat wilset ini dalam kondisi seken)..

    Tapi setelah sampai di saya ada sedikit masalah (memang sih saya tebus dengan harga yg murah)..
    Yang paling berasa ada bearing belakang terasa aga oblak. Ketika roda digoyang kiri-kanan berasa ada slacknya..
    Selama ini hanya pengalaman dengan cup n cones shimano, jadi ketika ada slack seperti itu paling hanya butuh kunci cones, regrease, kencangkan selesai sudah..

    Namun ketika berhadapan dengan cartridge bearing ini aga ribet. :confused:
    memang sih berasa loncer, bahkan dengan kondisi slack ini masih lebih meluncur daripada RS20 saya..

    Pertanyaannya adalah:
    Rekomendasi bearing pengganti yang kualitasnya setara atau lebih baik (sedikit) dari bearing bawaan fulcrum racing 5 apa ya?
    Sebutkan merk dan harga pasaran juga tidak apa-apa..

    Kalo bearing keramik rasanya masih belum perlu (dan belum sanggup :eek:) karena pemakaian lebih banyak untuk commuting..

    Oiya, apakah temen-temen punya referensi spoke pengganti?

    Terima kasih
     
  2. chippy

    chippy Active Member

    Coba bearing merk NTN aja om. Beli ditoko bearing.. Kalo domisili jakarta bisa beli di kota (glodok) harga nya saya lupa. Utk 5 bearing ga sampe 200rb kalo gasalah.

    Bearingnya loncer. Biasa dipakai untuk mesin produksi (pabrik)
    Kebetulan aksium saya pakai itu

    Sent from my GT-P6200 using Tapatalk
     
    andytio and galihleo like this.
  3. galihleo

    galihleo Well-Known Member

    terima kasih om @chippy infonya.

    dibanding SKF mending mana om?
    oiya om, merk-merk ini ada palsunya ga sih?
    takutnya kalo beli di glodok terjebak barang palsu (soalnya disana kan banyak alat listrik yang palsu juga, hehehe)
     
  4. chippy

    chippy Active Member

    oya.. SKF katanya sih lebih kuat bearingya.. bisa jad option antara SKF sama NTN.
    nah kalo itu saya kurang tau om. temen saya yg biasa beli disana sih udah langganan. dan alhamdulillah aman om.. hehe.
     
  5. yogadizz

    yogadizz Raja Modus

    Temen loe mau ga gantiin bearing mavic gw cip?? Hehe
     
  6. galihleo

    galihleo Well-Known Member

    boleh tau contact atau nama tokonya Om @chippy ?

    thanks
     
  7. ch00bzs

    ch00bzs Well-Known Member

    di alam sutera juga ada toko resmi skf
     
    galihleo likes this.
  8. galihleo

    galihleo Well-Known Member

    oiya? wah deket rumah nih, kalo boleh tau tepatnya di sebelah mana om?
    thanks
     
  9. ch00bzs

    ch00bzs Well-Known Member

    deretannya sebelom C2C dari arah bsd. seberangnya lotte mart. lupa saya kebetulan namanya. dia luarnya kyk kantor gt. kl gasalah namanya PT Vica
     
  10. alvi

    alvi Well-Known Member

    mending pake skf om saya pake skf loncer dah kapan hari saya ganti bearing hub sama cup gearnya abis 300 ribuan kalo ga salah
     
  11. rOeLez

    rOeLez Well-Known Member

    Mavic kayrium slr owe jg ganti skf :) mancapz


    Sent from my iPad using Tapatalk HD
     
  12. andredechh

    andredechh Well-Known Member

    hub shimano bisa dimodif pake cartridge bearing nggak ya? ada yg tahu siapa yg bisa modif?
    SAYA punya rs10 hub depannya sering oblak, klo udah oblaknya kumat nggak bisa gowes lagi.
     
  13. andytio

    andytio Fat Cyclist

    jangan bolak balik bikin pertanyaan sama di bbrp thread....
     
  14. galihleo

    galihleo Well-Known Member

    Udah coba di kencangkan ulang?
    Pakai kunci cones khusus (yang agak tipis), bisa juga pake kunci pas yang ditipiskan (di gerinda/bubut)..

    di kencangkan dan dikunci ya, jangan cuma dikencangkan, pasti akan kendor lagi ga lama?
     
  15. andredechh

    andredechh Well-Known Member

    Saya udah lakuin sih, bela-belain beli kunci cones..tp mungkin karena belum pengalaman jadi nggak beres ngerjainnya :)

    Saya bawa ke bengkel dulu deh
     
  16. Ric

    Ric Active Member

    punya temen fulcrum 4 cuma diganti bearing motor harga 20 rb an per pcs nya juga gak kalah loncer :)
     
    galihleo likes this.
  17. galihleo

    galihleo Well-Known Member

    hahahaha.. sama, saya akhirnya ganti pake bearing motor (belinya di toko onderdil motor)...
    loncer juga sih
     
  18. ario3

    ario3 Active Member

    Apakah ukuran diameter bearing sama semua ya om?
     
  19. galihleo

    galihleo Well-Known Member

    Lihat nomor yang ada di bearing bawaan itu om...

    Paling aman sih bawa bearing aslinya ke toko bearing, minta dicarikan yang ukurannya sama

    Sent from my ASUS_T00G using Tapatalk
     
  20. yosua

    yosua Active Member

    Kemaren abis ganti bearing fulcrum racing 5 thn 2014, Hub depan ama freehub belakang tipenya sama 6903-2RS, masing-masing 2pcs. Freehub bodynya bearingnya 6803-2RS.
     

Share This Page