1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

'Ban Plus'

Discussion in 'Ngobrol Bebas' started by Jerichos, Jun 6, 2017.

  1. Jerichos

    Jerichos New Member

    Strategi pemasaran paling anyar dalam dunia sepeda saat ini adalah 'ban plus'. Bisa dikatakan saat ini ban plus adalah strategi pemasaran paling tepat sasaran yang diciptakan oleh para produsen. Mungkin karena fat bike kurang laku di kawasan Asia. Akhirnya kini muncul istilah 'ban plus'. Dan untuk pesepeda yang berminat untuk menambah kesenangan saat gowes, konversi ban plus layak untuk di coba.

    Secara umum, konversi 'ban plus' adalah 'kecilkan ukuran rim, besarkan ukuran ban'.

    Polygon membuat sepeda yang khusus diciptakan untuk penggunaan ban ukuran plus, yakni MTB Trail Hardtail Entiat TR Series. Jadi secara umum, tren ban plus saat ini layak untuk dicoba dan jangan di anggap angin lalu.

    Di forum luar negeri, tren konversi ban plus sudah cukup banyak dibicarakan. Dan karena produsen ban atau wheelset yang memiliki nama besar di luar negeri kini telah banyak menyusur pasar pesepeda lokal, akan cukup mudah memesan atau membeli part ban plus.

    Ukuran ban plus berada di tengah antara ukuran lebar ban normal dengan ukuran ban fat bike. Secara umum, saat ini ban plus terdapat pada sepeda MTB dan gravel/cyclocross. Dengan spesifikasi lebar ban 2.8" - 3.25" pada sepeda MTB, dan 45c - 50c pada sepeda gravel/cyclocross. Di atas ukuran itu, sudah masuk kategori ban fat bike. Dan tidak menutup kemungkinan nantinya akan ada ban plus yang khusus diciptakan untuk sepeda road bike.

    Untuk kepentingan kenyamanan dan aerodinamika, sepeda produksi modern saat ini memiliki geometri dan ukuran yang sangat compact, berakibat pada pemilihan ban menjadi terbatas terutama bagi rider yang menginginkan ukuran ban terbesar yang bisa dipasang. Namun lain halnya saat membicarakan sepeda produksi tahun 70-90an yang memiliki rear centre dan chainstay bridge yang cukup lebar....ya....era federal....saya punya sepeda MTB federal street cat peninggalan bapak saya produksi tahun 89 dan muat dipasang ban Schwalbe G-One 700x40c!!! Belom coba pakai 650c...mahal...

    Ban plus sebenernya bukan hal baru di dunia sepeda. Bahkan era Gary Fisher juga menggunakan ban ukuran cukup lebar saat masih awal eksplorasi sepeda MTB, jadi secara jelas para pelopor MTB berkata menggunakan 'fat tire'. Dan Schwalbe sebagai pelopor produsen ban sepeda ukuran lebar menyebut 'ballon bike' pada sepeda yang menggunakan ban dengan ukuran lebar yang besar. Jika di ambil contoh, ini seperti saat anda memiliki sepeda dan ketika membeli ban baru anda pasti akan memilih ban yang paling besar yang bisa dipasang di sepeda anda. Dan kenapa anda tidak bisa memasang ban ukuran paling lebar yang di jual di toko itu padahal anda sangat menginginkannya....dan dari hal seperti itulah muncul ide konversi 'ban plus'.

    Jika berminat melakukan konversi, hal paling mudah yang bisa dilakukan adalah:
    - jika anda memiliki sepeda 27.5 coba ganti rim dengan ukuran 26 dan gunakan ban dengan lebar 2.8" - 3.25"
    - jika anda memiliki sepeda 29 coba ganti rim dengan ukuran 27.5 dan gunakan ban dengan lebar 2.8" - 3.25"
    - jika anda memiliki sepeda gravel/cyclocross 700c coba ganti rim dengan ukuran 650c dan gunakan ban dengan lebar 45c - 50c.

    Dengan lebar ban yang cukup masif, ban plus mampu menyerupai ban normal. Analoginya, diameter keseluruhan pada wheelset dengan ban ukuran 26 x 3" serupa dengan diameter keseluruhan pada wheelset ban ukuran 27.5 x 1.75". Bahkan lebih...

    Kesulitan ada pada anda pemilik sepeda produksi modern dengan ban ukuran 26". Jika anda ingin merasakan lebih banyak traksi pada ban sehingga menyerupai traksi pada ukuran ban plus, salah satu langkah konversi yang bisa dilakukan pada sepeda ini adalah ganti rim anda dengan ukuran lebar rim bagian dalam yang lebih besar, berkisar antara 30mm - 45mm. Dan gunakan ban ukuran 2.25" - 2.6" semaksimal mungkin sejauh yang sepeda anda bisa tampung...dan inilah yang disebut dengan konversi 'rim plus'.

    Internal rim width yang lebih lebar menjadikan sidewall pada ban menjadi lebih turun dan akan mengubah ban menjadi lebih lebar sehingga menghasilkan traksi yang lebih banyak dari sebelumnya. Sebagai contoh, Maxxis membuat ban ukuran lebar normal yang di desain khusus untuk dipasang pada rim dengan lebar internal yang besar. Dan sepertinya bisa juga sepeda 26" menggunakan rim 24" dan menggunakan lebar ban yang lebih besar. Namun sejauh yang saya tau, ban plus ukuran 24" sepertinya belum banyak diproduksi.

    Untuk pengguna road bike atau hybrid 700c jika anda ingin menambah traksi pada ban dan ingin menambah kenyamanan saat gowes di jalan yang kurang mulus, atau ingin mengubah sepeda road bike anda menjadi sepeda gravel/cyclocross, mungkin bisa dicoba mengganti rim menjadi ukuran 650b dan penggunaan lebar ban yang lebih besar.

    Dan untuk pengguna sepeda lipat yang umumnya menggunakan ukuran ban 20" tentunya juga bisa melakukan konversi karena sudah banyak variasi wheelset khusus untuk sepeda lipat. Dengan metode yang sama seperti pada konversi sepeda ban ukuran 26", dan sebagai tambahan anda harus mengubah rim menjadi ukuran 18" jika ingin benar menjadi ban plus.

    Perbandingan lebar rim dengan ukuran lebar ban juga perlu diperhatikan. Rim yang terlalu sempit jangan...rim yang terlalu lebar juga jangan...namun umumnya lebar internal rim yang banyak tersedia di pasar lokal adalah 20mm - 25mm. Dan ukuran tersebut dinilai sudah cukup dan aman untuk menampung ban ukuran plus.

    Mari sharing penggunaan ban plus. Om disini yang sudah coba ban plus silahkan diberi komentar. Sisi positif dan negatif penggunaan ban plus...terima kasih :D:oops:
     
    Last edited: Sep 1, 2017
    bleukatana2004 and Shuga like this.
  2. Jerichos

    Jerichos New Member

    Last edited: Sep 3, 2017
    kw2 and Ibet like this.
  3. Jerichos

    Jerichos New Member

    Reserved
     
    Last edited: Oct 17, 2017
    Ibet likes this.
  4. Siijo

    Siijo New Member

    Wah ada yg bahas juga.. Btw review entiat tr8 nya gmana om?
    Trus, dulu itu ada yg pernah bilang kalo rim kecil ban besar beresiko ngedonat..
    Nah itu gmana tuh ?
     
    Last edited: Oct 11, 2017
  5. Raysigar

    Raysigar Active Member

    Buat mejeng sepeda sudah ada treadnya om.. coba dibuka2 lagi

    Sent from my SM-G930F using Tapatalk
     
  6. Ibet

    Ibet Active Member

    menarik ini om

    saya pun lagi pelajari tentang konversi dari 700c ke ban 650b / 27.5 ini

    menurut ini :
    http://www.bikeman.com/bikeman-blogs/650blog/1771-650b-conversion-guidlines

    cukup mudah melihatnya,
    tinggal ukur 320 mm dari as roda ke arah seatstay, lalu ukur apa ada celah sekitar 42mm disitu,
    kalo ada, voila, bisa cocol wheelset 650b dengan ban 1.5" atau ... 650b x 38 mm

    untuk bagian fork, tinggal ukur 19mm dari brakeline velg 700c, lalu lebarnya juga perlu celah sekitar 42 mm

    lalu perlu beli rem medium / long reach seperti keluaran Tektro juga

    Beberapa frame keluaran Surly seperti Pacer / Straggler mungkin enak buat konversi seperti ini,
    kalau dengan cantilever seperti Cross Check (700c ke 27.5") mungkin agak sulit karena reach canti nya ga sampe

    di beberapa kasus seperti frame asli nya ban 26" lalu naik jadi 700c mungkin bisa

    kalau diluar negri mungkin mudah mencari ban 650b dari ukuran 32-42 mm,
    kalau disini pilihannya setahu saya, cuma dua saja (silahkan tambahkan bila menemukan yg lain)
    Maxxis Detonator 27.5 x 1.5" (650b x 38mm) atau Maxxis Re-Fuse 27.5 x 2" (650b x 50mm)

    suatu waktu pernah diberi link ini oleh master @bleukatana2004 :
    https://janheine.wordpress.com/category/components/tires/

    ada beberapa artikel menarik yang bisa dibaca mengenai konversi 'turun ukuran velg, naik ukuran lebar ban' ini


    Cheers
     
    Jerichos and bleukatana2004 like this.
  7. Jerichos

    Jerichos New Member

    Review entiat tr8 keren banget om...hehe
    Ban ngedonat maksudnya gimana om? Sepemahaman saya kalau rim kecil, ban besar jadinya ban cenderung membentuk kotak...ada rumusnya minimal dan maksimal lebar rim 32-70% dari lebar ban....dapet dari sini
    https://www.bikerumor.com/2016/08/12/tech-story-match-bicycle-tire-width-rim-width-best-results/

    Dan itu ada contohnya di postingan nomor 2.
    Ban 27.5 x 2.8" dipasang di rim novatec demon yang lebar dalamnya 26mm....lumayan kecil dan lumayan umum 26mm lebar dalam rim nya....

    Maaf om...
    Tadinya gak mau mejeng tapi sekalian membuat sedikit pertanyaan dan pernyataan tentang sepeda plus yang udah dibikin polygon tapi saya kesulitan cari ban dalam dan ban luar...aneh kan...masa polygon cuma bikin doang tapi cari ban dalem dan ban luar nya susah!!!
    Susah pake banget!!!
    Semoga sampai ke salah satu pihak tentang curhatan kesulitan cari ban...dan wheelset nya apalagi sama aja susah...Masa harus beli dari ebay...
     
    Last edited: Oct 17, 2017
  8. Jerichos

    Jerichos New Member

    Rumusnya mantap om...saya hampir lupa tentang reach caliper...

    Apa gak sebaiknya pengelompokan 'ban plus' di kecilin lagi om?

    Untuk Road Bike : 45c - 50c
    Untuk MTB : 2.8" - 3.25"

    Jadi untuk road bike terbatas hanya untuk hybrid/cyclocross/gravel/randonneur.
    Dan dari contoh yang om kasih, ban terbatas dan maksimal hanya di maxxis re-fuze 27.5 x 2" (650B x 50C)

    Tapi kalau konversi dari road bike yang umumnya 700 x 25C sebenernya masih ada celah asalkan frame muat dari patokan rumus yang om kasih...

    Jadi intinya kalau pengen dapet feel yang berbeda tapi ga punya duit buat beli sepeda lagi....cukup beli wheelset aja kan ya?:oops:
     
    Last edited: Oct 17, 2017
  9. Ibet

    Ibet Active Member

    saya setuju saja dengan pengelompokan om,
    keterbatasan itu timbul karena memang yang jual ban road / gravel size 27.5 terbatas ..
    sebenernya ban - ban 27.5 / 650b cukup banyak merk nya misalnya ada Grand Bois, Panaracer, Compass, Maxxis, dll

    nah ini saya juga setuju, punya 2 wheelset misalnya
    1 wheelset untuk century ride bisa pake yg 650b karena memang ngejar nyaman
    1 wheelset untuk climbing bisa pake yg 700c karena bobot WS nya hanya ~1400 gram

    nanti akan ketemu tantangan untuk memilih kaliper rem yg bisa akomodasi dua jenis WS itu


    btw untuk rakit WS road 650b bisa dengan rims ini :
    http://www.pabrik-araya.co.id/product/12-tx-533
     
    Jerichos likes this.
  10. Jerichos

    Jerichos New Member

    Waini om.... Perlu ada data ban 27.5 yang cocok untuk dijadikan bahan konversi...lumayan banyak ban 27.5 slick yang tersedia di pasaran lokal untuk rekan-rekan road bike kayanya sangat membantu...
    Ada yang udah pernah coba?

    Maksud saya ada pembatasan ukuran 'ban plus' supaya geometri sepeda gak banyak berubah setelah dilakukan konversi. BB high akan turun kayanya...biar kalo kena polisi tidur gak mentok...

    Ohiya ban khusus 650C yang untuk triathlon atau road bike ukuran kecil ada ukuran plus nya gak ya?
     
    Last edited: Oct 17, 2017
  11. Bam

    Bam New Member

    Numpang nanya

    Ban Scwalbe G one size 275x1.35 apa ada ya om?
     

Share This Page