1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.
  2. Polling desain jersey CyclingID edisi ke-7 sudah selesai. MOHON SEGERA PESAN!!! KLIK desain 4

[ASK]merubah Sepeda MTB ke Hybrid

Discussion in 'MTB, Down Hill, Dirt Jump, dan BMX' started by insanfadhl, Jan 26, 2015.

  1. insanfadhl

    insanfadhl New Member

    Sparepart (bagian) apa saja yang dibutuhkan untuk merubah sepeda MTB ke type Hybrid ?


    btw sepeda saya Wimcycle Thrill Agent TR 3.0 AD (udah pake ban detonator ukuran 1.50 tapi kurang berasa gregetnya)

    apakah bisa langsung merubah ban sepeda saya yg sebelumnya ukuran 26 ke tipe 700c ?
    apabila tidak bisa sparepart apa saja yang dibutuhkan ?
    dan juga mas estimasi biaya nya ya mas :)

    kalau bisa di sertakan dengan merknya ya mas biar bisa untuk jd referensi

    mohon maaf nih mas baru mau terjun untuk mendalami hal sepedahan
    sekian makasih mas , mohon di bantuuuu :)


    *edit

    Ini tampak ban belakang saya mas


    [​IMG]

    [​IMG]
     
    Last edited: Jan 26, 2015
  2. dasarbule

    dasarbule Wes Tuek

  3. wsaputra

    wsaputra Well-Known Member

    Selama pake ban 23cc harusnya bisa karena ban 26mtb dan 700cc 23 cm beda beberapa millimeter. Sayangnya agak riskan kalo pake ban 23 (imo), kemarenan sempet coba ngeplakin di cozmic cx1 sih masuk masuk aja dan tinggi bb cm beda dikit.

    [​IMG]
     
  4. insanfadhl

    insanfadhl New Member

    wah berarti tidak recommended ya mas untuk modift sepeda saya ( ta tr 3.0) ke type hybrid? tapi rute saya kebanyakan di aspal loh mas...

    Kalau tentang rims dan jari jari merk apa mas yg recomended?
    ada saran lain kah mas ..



    wah keren juga nih , tapi itu sepertinya rem nya di lepas ya jadi ga hydraulic lagi ?

    riskan kenapa juga ya mas ? perbedaannya dengan detonator 26x1.50 jauh apa cuman beda tipis mas ?
     
    Last edited: Jan 26, 2015
  5. andrib

    andrib Member

    Nyoba upload file image om (berhasil gak ya????).
    Rod bek jadi-jadian Wim Hot Rod 3.1 (adiknya Thrill Agent) modif versi ngirit.com :
    Spek yg diganti :
    -Rim ukuran 700 . 32 holes
    -Ban 700x23
    -Jeruji panjang 290-292mm tergantung tipe rim, cara gampang di toko sepeda jadul biasanya mekaniknya bilang ukuran jeruji sepeda jengki phoenix.

    Yang gak diubah (mode ngirit) :
    -Hub pake bawaannya (32 holes).
    -Fork depan bawaannya (travel 100mm), jarak ban ke batas fork yg atas sekitar 1,5 cm-an.
    -jarak ban ke batas frame belakang (gak tau namanya) sekitar 2 cm lebih.

    Biar lebih afdol ngibritnya...gir depan diganti 48-36-gir kecil bawaan dipertahankan, buat ngicik di tanjakaan curam.
     

    Attached Files:

    andytio likes this.
  6. Al_tus

    Al_tus Member

    Misi gan...ane nubie nih, hasil krya yg bagus gan....
    ane malah pgn pake drop bar n brifter..gmn ya rasanya?
     
    haris_greenplateau likes this.
  7. andrib

    andrib Member

    Om @Al_tus lebih bijak membaca & memahami new member guide sebelumnya
    Kalo diganti brifter yg perlu dipertimbangkan rasio tarik shifter MTB berbeda dengan brifter road bike. Jadi gak sinkron jika pake brifter road, tapi tetap fd/rd mtb.
    Kalo mau diganti total kayaknya kok gak efisien, mending sepeda road beneran.
     
    andytio likes this.
  8. Al_tus

    Al_tus Member

    Ok makasih om sarannya.. ane nubie sekali nih...
     
  9. insanfadhl

    insanfadhl New Member

    Boleh kah mas di share berapa biaya yang di butuhkan? Dan spesifikasi jenis rims dan ban yg di ganti?

    Saya baru bikin mtb hybrid jadi jadian abal abal nih mas [​IMG]
     
    farcantes, andytio and andrib like this.
  10. Benqsiemenz

    Benqsiemenz Well-Known Member

    Ini haibrid-ku...

    uploadfromtaptalk1423879162751.jpg

    uploadfromtaptalk1423879188882.jpg

    uploadfromtaptalk1423879214317.jpg

    Giant Rincon :cool:
     
    andytio and andrib like this.
  11. andrib

    andrib Member

    Om @insanfandhi selamat new ngibrit sudah jadi. Dulu rakit hybrid sebenarnya serba kebetulan aja om, ini rinciannya (dah 1,5tahun yg lalu, jgn dijadikan patokan ya) :
    -pelk Araya TX 733 ukuran 700c : 2biji x 70ribu. Pas ada diskon velg 50% di RL.
    -ruji jengki (ukuran karena pake hub Novatec mtb) 64 biji : 40 ribu.
    -Ban scwhalbe ultremo zx 700c x 23 : 2 biji x GRATIS. (Dapat doorprize di acara gowes...gara2 ini nih akhirnya rakit hybrid, padahal di RL barunya 390rb/biji).
    -velg+ruji dirakit sendiri dirumah, setel velg-nya ke tukang setel velg.
    -ongkos setel velg : 15rb.
    -crank campuran Alivio-Deore 48-36-22 udah lama kepasang di sepeda.
    Total 195 ribu saja....xixixixixi
     
  12. insanfadhl

    insanfadhl New Member

    Wiss syukur ya mas dapat ban gratis (alias dapat undian)

    Btw mas ga ganti fork ga? Apa ga mentok ke fork danbframe nya?

    Mas pake ban ukuran berapa ya?

    Saya takutnya kalau mentok di frame belakang nih
     
  13. andrib

    andrib Member

    Di mtb hybrid pake ban/rim 700x23 (ban road bike)....nggak ganti fork om. Depan masih pake Rock Shox Recon 100mm (dicoba mtb teman, fork lain juga aman aja) masih sisa jarak 1,5 cm-an. Belakang juga masih sisa 2cm.
     
  14. Akhmad Ismail

    Akhmad Ismail Active Member

    nah...kalo saya kepikiran kalo Fork Road Bike diganti sama fork dg suspensi yg bisa muat ban 700 (fork-nya Polygon Heist, mungkin).....apa memungkinkan?idenya untuk mengurangi getaran pas jalan rusak/lubang.
    Sepedanya yg ada di avatar... :oops:

    mungkin nanti jadinya Roadbrid.....:))
     
  15. jojon

    jojon Member

    Sekalian tanya deh..kalau pake chainring 48-36-22 perlu ganti fd ga?saya masih pake altus..pgn ganti crank alivio 2015 yg udh pake ht II

    Sent from my LG-P765 using Tapatalk
     
  16. andrib

    andrib Member

    Kalo FD sepanjang sama-sama depan 3 speed rasanya gak perlu ganti om.
    Cuman kalo gak salah crank Alivio yg outer BB itu kan model 10 speed. Nah sepeda sekarang yg pake crank Altus, sprocket belakang di cek dulu apakah versi 7/8/9 speed. Kalo iya, perlu dipikirkan biaya up grade-nya mubazir gak?? Karena yg di ganti nantinya sprocket 10sp, rantai 10sp, shifter 10sp, fd (setting ulang).
    Kalo memang perlu bener crank 48-an yg outer BB. Alternatifnya bisa cari crank touring Deore keatas (LX,XT) model lama yg masih 9 speed. Ato beli chainring mtb saja ukuran 48 bcd 104 dipasang di crank Altus.
    Altus sebenarnya sudah cukup kalo buat ngaspal om.
    Kalo ada yg salah mohon dikoreksi.
    Thanks.
     
  17. jojon

    jojon Member

    Wah punya saya masih 8speed, malah ga kepikiran efek ke drivetrain bagian belakang, jd efeknya smp kesana ya?saya pikir bisa plug n play aja tinggal ganti crank...lg butuh buat b2w...kl pake crank yg sekarang kurang efisien..

    Sent from my LG-P765 using Tapatalk
     
  18. adi_newbie

    adi_newbie New Member

    Siang, salam kenal, ane adi masih awam di dunia per sepeda an, mau numpang tanya sekalian sharing, ane punya sepeda mtb, united comrade tipe xc 72, niat nya mau di bikin hibrid yang simple ja rombaknya, boleh kasih masukan dari para suhu, terima kasih.

    Di ban da tulisan 26 x 1,95
     

    Attached Files:

  19. adi_newbie

    adi_newbie New Member

    Pengennya di bikin enteng buat di aspal, rumusnya do kasih ban jenis dan merek apa ya spek nya juga
     

    Attached Files:

  20. red_cyclist

    red_cyclist Rider Sruntulan

    Salah satu ban yang lumayan populer sih Maxxis Detonator

    [​IMG]

    Intinya, cari ban yang lebarnya lebih kecil dan tapaknya halus
     

Share This Page