1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.

[ASK] Comfort vs Racing Geometry

Discussion in 'Road, Time Trial, dan Cyclocross' started by Izzi, May 30, 2013.

  1. Izzi

    Izzi Well-Known Member

    Setelah beberapa bulan gowes pake MB-4 di jalan raya, jadi penasaran juga nih ama roadbike... :oops:

    Nah, sebelum bener-bener meminang roadbike pertama saya, ada beberapa hal yang pengen saya ketahui, setahu saya roadbike ada yg jenis comfort dan racing kan ?

    Nah, mohon sharing member-member semua dong, gimana karakter masing-masing geometri roadbike tersebut ?

    Apakah ada batasan-batasan antara jenis comfort roadbike yang gak bisa didapatkan oleh jenis racing roadbike (dalam hal ini termasuk juga geometri dan fitting) ? Begitu pula sebaliknya...

    Terima kasih atas sharing dan infonya...
     
    Patrick likes this.
  2. yasiruuu

    yasiruuu Active Member

    nyimak ;)
    mau nimang sepidah bulan depan. masih galau mau beli yang murah apa yang mahal eh.. maksudnya yang comfort geo atau racing geo yaa :sob:
     
  3. Ardi

    Ardi Well-Known Member

    Kalo dari rangka secara umum
    1. Wheelbase comfort lebih panjang
    2. Headtube comfort lebih panjang
    3. Bb comfort lebih deket ke tanah (low center gravity)

    Jadi seumpama ketinggian sadel sama, panjang stem sama, drop bar sama, dan sama2 ga pake spacer. Posisi racing lebih membungkuk daripada comfort.

    Comfort lebih nyaman dari racing? Tidak selalu, tergantung bike fitting dan fleksibilitas ridernya.

    Faktor penambah kenyamanan lainnya bisa didapat dari ban luar, sadel, dan karbon2an
     
    bleukatana2004 likes this.
  4. ch00bzs

    ch00bzs Well-Known Member

    kalo secara umum sih sepengetahuan saya
    untuk geometri comfort ato biasa juga disebut endurance ya roadbike ini lebih cocok untuk main jarak jauh
    secara geometri untuk comfort lebih bagus
    nah kalau untuk geometri racing secara umumnya posisi badan kita bakal lebih aero karena tinggi headtube pasti lebih rendah dibanding geometri comfort IMHO
    tp kembali lagi ke sepedanya juga
    kalo menurut saya sih dibagi jd 3 lg :
    frame road entry kebanyakan comfort
    road mid-hi end lebih ke racing nah ini juga dibagi 2 lagi : racing aero sama racing endurance
     
  5. ppephe

    ppephe Bali 2014 Organiser

    Mendingan dateng tentuin pilihan mereknya mau apa, budget berapa trus dateng ke toko sepeda cobain langsung mana yang enak om.

    Sent from my Nexus 4 using Tapatalk 4 Beta
     
    igorrr likes this.
  6. joshua08

    joshua08 Well-Known Member

    saya baru pindah dari Viroke ke frame modern (slope) yg rasa nya jauh lebih nyaman,tp saya masih pemula di roadbike..
    mngkin ga terlalu terasa antara Comfort atau Racing..
    jadi ijin nyimak aja..
     
  7. Izzi

    Izzi Well-Known Member

    Thanks for replies, om...

    Jadi perbedaan mendasar antara kedua jenis frame ini adalah riding position yang diperoleh rider saat mengendarainya ya ?
    Seberapa signifikan perbedaan itu terhadap kecepatan saat mengendarai dan kelelahan yang dialami oleh rider saat bersepeda ?

    Misalnya satu rider ketika mengendarai sepeda jenis comfort/endurance, maks speed yang diperoleh lebih rendah daripada saat dia mengendarai sepeda jenis racing, begitu pula dengan faktor kelelahan...

    Wow... Klasifikasinya banyak juga ya ? Hehehe...

    Btw, yang dimaksud main jarak jauh tuh biasanya berapa km ya ?

    trus, apakah material frame untuk jenis sepeda endurance beda ama racing ? Mengingat kalau kita bersepeda jarak jauh, pasti ada resiko melewati jalan-jalan yang kurang bagus kondisinya

    Pernah ada kejadian nggak, saat dicoba di toko rasanya udah cocok, begitu dipakai on road dengan jarak tempuh tertentu baru berasa ada yang kurang sesuai ?

    Kira-kira ada nggak temen-temen di sini yang pernah mengalami salah beli sepeda ?

    Atau mungkin dirasa perlu juga mengetahui tujuan kita beli sepeda untuk apa ? Bagaimana karakter riding kita ? Rencana mau sepedaan berapa jauh, dsb...
     
  8. dxtr

    dxtr Peternak Sepeda


    kategori jauh untuk setiap orang berbeda-beda, dan sampai saat ini belum ada patokan resminya CMIWW
    buat saya 30 km itu jauh, tapi menurut cyclist yang suka touring 30 km itu dekat:giggle:

    nyobain sepeda di toko ini yang jadi masalah, saya belum pernah tau ada toko sepeda disini yang mengijinkan calon buyer mencoba sepeda yang ingin dibeli dengan maksimal:giggle:

    jangankan sepeda, sadel aja ga semua toko menyediakan sadel untuk diuji coba duduk.:headbutt:

    mungkin cluenya gini aja om izzi, kalo roadbikenya lebih suka dipake untuk sepeda santai atau touring ambil comfort geometry aja
    kalo roadbikenya cuma dipake buat weekend warrior dengan orientasi speed ya ambil racing geometry aja
     
    Shuga and Izzi like this.
  9. emirr

    emirr Contributing Member

    klo mo beli speda pertama langsung maksimal mnurut saya susah om krn mslh nyaman itu subjektif banget.saya yakin kenyamanan akan bertambah dgn seiringnya jam goes krn badan jg pasti akan menyesuaikan. jd ya lebih baik om izzi beli dulu yg kira2 cocok baru nanti rasain apa yg kurang dan di fitting lagi. dr situ baru kita akan bisa bedain mana yg bner2 comfort mana yg racing use. IMHO
    Sent from my GT-S5830 using Tapatalk 2
     
    Deny Gunawan 23, Izzi and igorrr like this.
  10. wicahyo

    wicahyo Active Member

    Saya sependapat sama om emir.......
     
  11. emirr

    emirr Contributing Member

    mnding yg di cj bike ato giant depok di minang dulu. ya ga om w haha

    Sent from my GT-S5830 using Tapatalk 2
     
  12. wicahyo

    wicahyo Active Member

    Hahahahaha iya om ...pokok nya apapun jenis speda nya klo ngereyen pasti saya temenin dech om..........tapi traktir makan ayam ya om .......
     
  13. FunRunner

    FunRunner Rider Srampangan

    sebenernya faktor2 yang disebutin lebih banyak dipengaruhin jam terbang.. eh jam riding maksudnya:giggle: soalnya kalo udah kebiasa main road bike, power untuk speed, fleksibilitas badan untuk posisi aero sama daya tahan juga lebih bagus. yah untuk contoh ekstrimnya atlet2 gitu pake racing geometry bisa 200km sehari, pake sepeda endurance juga fabien cancellara bisa ngebut 50kph+ di flanders.

    untuk material sih mungkin ngga beda ya, tapi biasanya ada penerapan bentuk tertentu atau teknologi biar frame sepeda endurance lebih capable untuk nyerap getaran.

    sisanya saya sependapat sama om emirr & om dxtr
     
    pumashoes and Izzi like this.
  14. Izzi

    Izzi Well-Known Member

    Bener juga sih, dulu waktu pertama kali gowes, 18 km tuh udah jauh banget, hehehe...

    Mungkin sebagai awal kita bisa cari sepeda dengan geometri yang pas dengan postur dan anatomi tubuh kita dulu 'kali ya ? Seiring dengan waktu baru disesuaikan dengan performa dan perubahan-perubahan yang dirasakan...

    Kayaknya selama ini sih lebih cenderung ke pemakaian weekend warrior ya om ? Paling nggak bisa menyalurkan hasrat gowes bareng peloton mulai start sampe finish, hehehe...

    Hahaha... Pokoknya klo bisa ngikut peloton tanpa putus, langsung deh makan-makan, hehehe...

    Upgrade emang gak ada habisnya, hehehe... Paling tidak untuk mengimbangi kemampuan riding ya om ?


    Tapi kalo selama kondisi jalannya gak ekstrim, pake frame racing rasanya ga ada masalah ya om ?
     
  15. ch00bzs

    ch00bzs Well-Known Member

    hehe itu secara umum om.. buat yang bener" cocok dengan gaya main kita kembali lagi ke sepedanya kan skrg udah banyak bgt hehe.
    yang pasti 100 km keatas om.. biasa buat jarak jauh contoh jakarta - puncak ato bisa buat climbing juga kalo geometri comfort
    nah kalo racing umumnya IMHO buat dipake balap seperti criterium yang butuh aero, tapi balap tour juga geometri racing jg nah ya demi aero itu

    kalo material sih pasti kurang lebih sama om.. misal endurance sama racing ada yang carbon juga.. paling beda di bagian tinggi headtube aja .. sama mungkin beberapa sepeda tertentu tingkat stiffness di beberapa bagian disesuaikan keadaan.. selama ini sih saya carbon juga aman aman saja di jalan yg kurang bagus.. awalnya sih segan.. tapi masa jalan jelek aja ga kuat gimana kalo dihajar sprint pasti patah om hehe
     
  16. roedy metal

    roedy metal Active Member

    Ya saya setuju dengan pendapat om emir,....kenyamanan riding subjektif,....sesuaikan dengan type riding pasti kenyamanan jg mengikuti....IMHO
     
  17. Izzi

    Izzi Well-Known Member

    Paling tidak bisa terbantu jg dengan bike fitting yg pas ya om ?

    Sent from my GT-S6802 using Tapatalk 2
     
  18. yogadizz

    yogadizz Raja Modus

    setuju dgn komen om di atas, klo sy yg jg baru maen road sih pertama beli msh lebih ke bujet wise, krn pemakaian ga akan se ektreem atlit atau pro....yaah, di pake wiken warrior sm seneng2 selepas subuh aja. Badan kita lambat laun juga akan merespon dan adjust kok, sedikit pegal dan nyeri sih wajar kok.
    Ukuran jarak jg berbeda2x tiap org, sy biasa wiken gowes 50-80 km, campur speeding, touring kulineran sama kadang nanjak amyong, semuanya pake 1 pedah nih si unknown mosso hahahaha.... Kecuali punya 2 sepeda yg beda geo, baru bs merasakan bedanya, tp modusnya susahh cyiinnn hahaha...
     
    Shuga likes this.
  19. Mancastillo

    Mancastillo Wheel Sucker

    saya sih prinsipnya nyaman di badan, nyaman di hati, dan nyaman di dompet. mau geometry apa aja asal memenuhi kriteria itu ok2 aja..
    :oops:
     
  20. Izzi

    Izzi Well-Known Member

    Jadi dibikin simpel aja ya om ?
    Klo sekedar just for fun riding, building stamina, perbedaan antara tipe geometri racing ama comfort gak terlalu berpengaruh ya ?


    Sent from my GT-S6802 using Tapatalk 2
     
    igorrr likes this.

Share This Page