1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.
  2. Polling desain jersey CyclingID edisi ke-7 sudah selesai. MOHON SEGERA PESAN!!! KLIK desain 4

Apakah Rim Brakes Sepeda Balap Akan Punah di 2017?

Discussion in 'Road, Time Trial, dan Cyclocross' started by bagusgowes, Jan 6, 2017.

  1. bagusgowes

    bagusgowes Well-Known Member

    1.jpg

    Rem cakram atau disc brakes di sepeda balap sudah menjadi bahan perdebatan selama beberapa bulan terakhir ‘kan? Lalu, apakah ini akhir dari eranya rim brakes atau rem velg yang konvensional?

    Pendapat atau komentar yang mendukung digunakannya rem cakram di sepeda balap hampir semuanya sama: Daya pengereman yang lebih kuat, clearance, dan daya tahan yang dimiliki oleh rem cakram.

    Sementara itu, yang kontra dengan penggunaan rem cakram mempermasalahkan bobotnya (yang lebih berat daripada rim brakes), kerumitannya (pemasangan dan penyetelannya), kurang aerodinamis dan pendapat personal, yaitu masih lebih sedap dipandang mata jika menggunakan rim brakes.

    Namun, kemajuan teknologi memang bisa membalikkan pendapat. dengan daya tahan dan keawetan yang lebih lama, serta banyaknya varian baru disc brakes yang diaplikasikan pada sepeda balap, lama kelamaan kesederhanaan rim brakes mulai terpinggirkan.

    Baru-baru ini, Canyon merilis sepeda balap untuk varian tahun 2017. Meskipun di katalognya masih ditampilkan sepeda balap yang menggunakan rim brakes, namun khusus untuk keluaran terbaru ini, semuanya menggunakan disc brakes.

    Jadi, apakah mungkin di tahun 2017 ini akan menjadi akhir dari era rim brakes?

    Mungkin tak akan sesegera itu. Di luar sana masih ada pesepeda yang menggunakan toe strap atau thumb shifter, namun apakah di tahun ini kita akan menjadi saksi semakin dominannya disc brakes?

    Sumber: http://goowes.co/2017/01/03/apakah-rim-brakes-sepeda-balap-akan-punah-di-2017/
     
    Adom Chien, ardi69gain and AbonCabe like this.
  2. hansadhitya

    hansadhitya Well-Known Member

    Yang pasti sih akan semakin berkurang, salah satu alasannya adalah karena para produsen sendiri lah yang mendorong kepunahannya.

    Mungkin gak di 2017 tapi di masa yang akan datang....
     
  3. Becakarema

    Becakarema Well-Known Member

    terakhir uci kan gak bolehin ya itu disc?
     
  4. hansadhitya

    hansadhitya Well-Known Member

    Udah boleh lagi om buat 2017.
     
    Becakarema likes this.
  5. igom766

    igom766 Active Member

    klo liat2 di youtube..tu disc buat pro pake cover not full ,..utk keamanan klo tabrakan tdk kena disc/rotornya langsung, bener ya..?
     
  6. hansadhitya

    hansadhitya Well-Known Member

    Di video mana om yang udah keliatan rotornya di-cover-in?

    Salah satu saran agar disc brake lebih cepat diterima oleh UCI (dan juga pro riders) adalah rotornya dipasangin cover, tapi saya ngga liat Shimano pasang rotor cover di Dura-Ace barunya.
     
  7. igom766

    igom766 Active Member

    iya itu om..maksud sy jg hehe.........biar pmbalap mrasa safe, sy lupa videonya tp pernah liat,..itu mmg blm dipake para pro,...ya itu advise nya sprti itu,...mmg blm ada shimano durace disc pake cover om...hehe,ok
     

Share This Page