1. Dear Guest, Selamat datang ke forum Cycling-Id.com. Silahkan membaca artikel New Members Guide untuk kenyamanan bersama.
  2. Polling desain jersey CyclingID edisi ke-7 sudah selesai. MOHON SEGERA PESAN!!! KLIK desain 4

Alasan Pengendara Mobil Tidak Melihat Pesepeda

Discussion in 'Commuting dan Bike2Work' started by bagusgowes, Jan 6, 2017.

  1. bagusgowes

    bagusgowes Well-Known Member

    [​IMG]

    Penelitian terbaru yang diterbitkan di jurnal Psychological Science menunjukkan bahwa kita tidak selalu melihat apa yang kita kira ada di dalam penglihatan atau pandangan perifer mata kita. Peneliti mengeksplor apa yang disebut ‘ilusi seragam’, yang menjelaskan bahwa pandangan perifer (yang kita anggap ada di dalam pandangan mata kita) sebagian berdasarkan rekonstruksi dari kenyataan.

    Pandangan mata di bagian tengah bidang pandang mata kita adalah yang paling fokus dan detil, jika dibandingkan dengan bagian perifer atau samping bidang pandang mata.

    Marte Otten dari Universitas Amsterdam berkata, “Mungkin otak kita terisi dengan anggapan apa yang kita lihat, namun tak semuanya bisa fokus, mungkin karena stimulusnya kurang kuat. Otak mengolah rangsangan dari penglihatan perifer dengan detil yang lebih rendah, dan respon terhadap pandangan perifer ini lebih cepat hlang jika dibandingkan dengan pandangan utama mata. kami menduga bahwa pandangan perifer bisa mengalami ilusi visual, dari banyak stimulus dan pengaruh dari pandangan utama mata.”

    Peneliti meminta para responden untuk fokus pada benda yang tersedia di tengah bidang pandang mata mereka, dengan sedikit perbedaan diletakkan pada benda lain yang berada di bidang pandang perifer mata para responden. Lama kelamaan, dengan beberapa kali pergantian benda yang serupa namun tak sama, para responden menganggap bahwa benda yang diletakkan di samping adalah benda yang sama dengan yang diletakkan di tengah, dan menghasilkan pola yang seragam.

    Penelitian tersebut menemukan bahwa banyaknya fitur visual, seperti bentuk, arah, gerakan, luminansi dan pola, semuanya rentan mengalami ilusi visual tersebut.

    Peneliti berpendapat bahwa ilusi yang ditimbulkan adalah hasil dari rekonstruksi informasi visual dari beragamnya fokus yang didapat dari pandangan utama mata.

    Kaitan antara pandangan perifer dengan pesepeda memang jelas, karena saat bersepeda juga harus fokus dan penuh perhatian terhadap apa yang ada di depan kita. Namun bagaimana dengan fenomena yang lain?

    Pesepeda seringkali menjadi korban dari ketidak-awasan pengguna jalan lain; karena ilusi yang terjadi pada pandangan perifernya. Pada 2013, dilakukan sebuah penelitian kecil di London, yang hasilnya menunjukkan bahwa ada 2 pesepeda dari 5 kali kesempatan, tidak terlihat oleh pengguna motor atau mobil yang sedang berkendara.

    Sumber: http://goowes.co/2017/01/05/alasan-pengendara-mobil-tidak-melihat-pesepeda/
     

Share This Page